Connect With Us

Habiskan Rp1,3 Triliun, Bendungan Karian Bakal Suplai Air Baku ke Tangerang dan Jakarta

Rangga Agung Zuliansyah | Senin, 4 Desember 2023 | 08:00

Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar usai meninjau Bendungan Karian, di Kabupaten Lebak, Minggu 3 Desember 2023. (@TangerangNews / Rangga Agung Zuliansyah)

TANGERANGNEWS.com-Pembangunan Bendungan Karian di Desa Pasir Tanjung, Kecamatan Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, Banten sudah mencapai 100 persen dan mulai penggenangan. 

Proyek Strategis Nasional senilai Rp1,3 triliun ini tidak lama lagi siap diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.

Hal itu diungkap Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar usai meninjau Bendungan Karian, Minggu 3 Desember 2023.

“Ada beberapa yang kita diskusikan dengan Pj Bupati Lebak dan Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Cidanau - Ciujung - Cidurian dalam rangka lahan. Pada dasarnya langkah-langkah itu sudah terstruktur dan pembiayaannya ada. Yang jelas, semua baik untuk bersama,” paparnya.

Menurut Al Muktabar Bendungan Karian untuk wilayah timur untuk men-support kebutuhan air baku hingga Serpong, Kota Tangsel. Sementara bagian barat untuk memasok Bendung Pamarayan terkait air baku permukaan.

“Bendungan Karian ini strategis sekali,” ungkapnya.

Dijelaskan Al Muktabar, pemanfaatan untuk wilayah barat setelah masuk ke Bendung Pamarayan, mulai dari air baku industri serta irigasi pertanian yang luasnya mencapai 22 ribu hektar.

Bendungan Karian juga menjadi pengendali banjir dari daerah hulu.

Sebagai informasi, berdasarkan data Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia, Bendungan Karian memiliki kapasitas tampung 314,7 juta m3 dan luas genangan maksimum sebesar 1.740 hektar.

"Bendungan Karian memiliki fungsi utama menyuplai air baku untuk kebutuhan rumah-tangga, dan industri di Kabupaten/Kota di Provinsi Banten dan Provinsi DKI Jakarta," terangnya.

Pembangunan Bendungan Karian dimulai sejak Oktober 2015 dan dikerjakan oleh kontraktor pelaksana Daelim Industrial Co, LTD-PT. Wijaya Karya (Persero), PT. Waskita Karya (Persero) Joint Operation.

SPORT
Jangan Sampai Kehabisan, Cara Beli Tiket Final PLN Mobile Proliga 2024 Lewat Aplikasi

Jangan Sampai Kehabisan, Cara Beli Tiket Final PLN Mobile Proliga 2024 Lewat Aplikasi

Kamis, 18 Juli 2024 | 12:24

PLN Mobile Proliga 2024 telah memasuki babak grand final yang digelar di Indonesia Arena, Jakarta, pada 20-21 Juli 2024.

KAB. TANGERANG
Warga Tangkap Maling Motor Setelah Mengejar dari Balaraja Sampai Cikande Serang

Warga Tangkap Maling Motor Setelah Mengejar dari Balaraja Sampai Cikande Serang

Jumat, 26 Juli 2024 | 16:07

TANGERANGNEWS.com-Seorang warga berhasil menangkap pelaku pencurian kendaraan bermotor yang beraksi di Kampung Talaga Asem, RT2/2, Desa Talagasari, Kecamatan Balaraja, Kabupaten Tangerang.

BISNIS
Pelanggan Garuda Indonesia Bisa Dapatkan Paket MCU di RS Mandaya Puri Tangerang

Pelanggan Garuda Indonesia Bisa Dapatkan Paket MCU di RS Mandaya Puri Tangerang

Kamis, 25 Juli 2024 | 20:39

Rumah Sakit Mandaya Royal Puri menjadi rumah sakit pertama yang menjadi partner resmi Garuda Indonesia.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill