Connect With Us

Sedih Kembali Bekerja Usai Libur Panjang, Simak 5 Cara Mengatasi Post Holiday Blues

Fahrul Dwi Putra | Rabu, 17 April 2024 | 10:25

Ilustrasi sedih. (Istimewa / Istimewa)

TANGERANGNEWS.com- Setelah menikmati liburan Lebaran yang menyenangkan, banyak pekerja mengalami apa yang disebut sebagai post holiday blues, yakni perasaan sedih dan kehilangan ketika kembali ke rutinitas kerja.

Pulang dari liburan Lebaran yang menyenangkan bisa menjadi tantangan. Sebab, kerap muncul perasaan sedih, kehilangan, atau bahkan kecemasan menghadapi pekerjaan menunggu di tempat kerja. 

Gejala post-holiday blues meliputi kesulitan berkonsentrasi, kurang motivasi, perubahan mood, kecemasan, dan kehilangan minat pada pekerjaan.

Agar bisa mengatasi post holiday blues setelah liburan Lebaran, berikut beberapa langkah yang dapat diambil.

  1. Mulailah dengan merencanakan tugas-tugas yang harus diselesaikan setelah kembali ke kantor. Membuat daftar prioritas dan jadwal harian atau mingguan dapat membantu meningkatkan fokus dan motivasi.
  2. Ciptakan lingkungan kerja yang positif dengan mendekorasi ruang kerja Anda dengan barang-barang yang membuat Anda bahagia atau terinspirasi. Musik yang menenangkan atau tanaman hias dapat membantu menciptakan atmosfer yang mendukung produktivitas.
  3. Berbagi pengalaman liburan dengan rekan kerja dan mendengarkan cerita mereka dapat membantu mengurangi perasaan kesepian atau kehilangan. Membangun hubungan yang kuat dengan rekan kerja dapat menciptakan dukungan sosial di tempat kerja.
  4. Berikan diri Anda waktu untuk beradaptasi kembali dengan rutinitas kerja dan jangan terlalu keras pada diri sendiri jika performa Anda tidak segera kembali seperti biasanya.
  5. Prioritaskan keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi Anda. Luangkan waktu untuk istirahat, olahraga, dan menjalani hobi di luar jam kerja untuk menjaga keseimbangan.

Post-holiday blues adalah hal yang umum terjadi dan penting untuk diingat bahwa tidak ada yang salah dengan merasakannya. 

Dengan memahami gejalanya dan mengambil langkah-langkah untuk mengatasinya, pekerja dapat kembali bekerja dengan semangat yang baru setelah liburan Lebaran.

SPORT
Nonton PLN Mobile Proliga 2024 Bisa Dapat Promo Diskon Tambah Daya Listrik, Begini Cara Beli Tiketnya 

Nonton PLN Mobile Proliga 2024 Bisa Dapat Promo Diskon Tambah Daya Listrik, Begini Cara Beli Tiketnya 

Kamis, 23 Mei 2024 | 15:28

Turnamen voli PLN Mobile Proliga semakin seru untuk diikuti. Terlebih, ditambah adanya promo diskon tambah daya listrik pada setiap pembelian tiket.

KAB. TANGERANG
KPU Kabupaten Tangerang Lantik 822 Petugas PPS Pilkada 2024

KPU Kabupaten Tangerang Lantik 822 Petugas PPS Pilkada 2024

Senin, 27 Mei 2024 | 00:41

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tangerang melakukan Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Janji kepada 822 petugas Panitia Pemungutan Suara (PPS) Pilkada 2024, Minggu 26 Mei 2024.

PROPERTI
Sepak Terjang Modernland Hadirkan Hunian Berfasilitas Lengkap di Tangerang 

Sepak Terjang Modernland Hadirkan Hunian Berfasilitas Lengkap di Tangerang 

Selasa, 28 Mei 2024 | 21:31

Wilayah Tangerang menjadi pilihan utama untuk membeli rumah karena dekat dengan Jakarta dan memiliki banyak fasilitas seperti commuter line, jalan tol, dan pusat perbelanjaan.

TEKNO
OpenIn Gandeng Telkomsel, Inisiasi Era Baru Layanan Location Intelligence untuk Bisnis di Indonesia

OpenIn Gandeng Telkomsel, Inisiasi Era Baru Layanan Location Intelligence untuk Bisnis di Indonesia

Kamis, 23 Mei 2024 | 19:45

Dalam langkah inovatif untuk ekosistem bisnis Indonesia, OpenIn, pelopor dalam layanan location intelligence, mengumumkan kolaborasi strategis dengan Telkomsel, penyedia layanan telekomunikasi digital terdepan di Indonesia.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill