Connect With Us

Sedih Kembali Bekerja Usai Libur Panjang, Simak 5 Cara Mengatasi Post Holiday Blues

Fahrul Dwi Putra | Rabu, 17 April 2024 | 10:25

Ilustrasi sedih. (Istimewa / Istimewa)

TANGERANGNEWS.com- Setelah menikmati liburan Lebaran yang menyenangkan, banyak pekerja mengalami apa yang disebut sebagai post holiday blues, yakni perasaan sedih dan kehilangan ketika kembali ke rutinitas kerja.

Pulang dari liburan Lebaran yang menyenangkan bisa menjadi tantangan. Sebab, kerap muncul perasaan sedih, kehilangan, atau bahkan kecemasan menghadapi pekerjaan menunggu di tempat kerja. 

Gejala post-holiday blues meliputi kesulitan berkonsentrasi, kurang motivasi, perubahan mood, kecemasan, dan kehilangan minat pada pekerjaan.

Agar bisa mengatasi post holiday blues setelah liburan Lebaran, berikut beberapa langkah yang dapat diambil.

  1. Mulailah dengan merencanakan tugas-tugas yang harus diselesaikan setelah kembali ke kantor. Membuat daftar prioritas dan jadwal harian atau mingguan dapat membantu meningkatkan fokus dan motivasi.
  2. Ciptakan lingkungan kerja yang positif dengan mendekorasi ruang kerja Anda dengan barang-barang yang membuat Anda bahagia atau terinspirasi. Musik yang menenangkan atau tanaman hias dapat membantu menciptakan atmosfer yang mendukung produktivitas.
  3. Berbagi pengalaman liburan dengan rekan kerja dan mendengarkan cerita mereka dapat membantu mengurangi perasaan kesepian atau kehilangan. Membangun hubungan yang kuat dengan rekan kerja dapat menciptakan dukungan sosial di tempat kerja.
  4. Berikan diri Anda waktu untuk beradaptasi kembali dengan rutinitas kerja dan jangan terlalu keras pada diri sendiri jika performa Anda tidak segera kembali seperti biasanya.
  5. Prioritaskan keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi Anda. Luangkan waktu untuk istirahat, olahraga, dan menjalani hobi di luar jam kerja untuk menjaga keseimbangan.

Post-holiday blues adalah hal yang umum terjadi dan penting untuk diingat bahwa tidak ada yang salah dengan merasakannya. 

Dengan memahami gejalanya dan mengambil langkah-langkah untuk mengatasinya, pekerja dapat kembali bekerja dengan semangat yang baru setelah liburan Lebaran.

OPINI
Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Senin, 15 April 2024 | 12:24

Jagat dunia maya tengah dihebohkan oleh kasus korupsi super besar yang terjadi baru-baru ini, yakni korupsi yang melibatkan suami dari aktris Sandra Dewi, Harvey Moeis, serta Helena Lim sosok yang terkenal sebagai crazy rich Pantai Indah Kapuk (PIK).

MANCANEGARA
Wow, Di Negara Ini Memeluk Kucing 4 Jam Sehari Bisa Dibayar Rp162 Juta

Wow, Di Negara Ini Memeluk Kucing 4 Jam Sehari Bisa Dibayar Rp162 Juta

Rabu, 24 April 2024 | 10:33

Perusahaan makanan hewan asal Kanada, ACANA bekerja sama dengan organisasi kesejahteraan hewan Best Friends Animal Society membuka lowongan pekerjaan sebagai kitten cuddler.

SPORT
Prediksi Skor Persita vs Bali United, Laga Terakhir Pendekar Cisadane di Liga 1

Prediksi Skor Persita vs Bali United, Laga Terakhir Pendekar Cisadane di Liga 1

Selasa, 30 April 2024 | 08:41

Persita Tangerang akan menjamu Bali United di Stadion Indomilk Arena, Kabupaten Tangerang, pada Selasa, 30 April 2024, sore.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill