Connect With Us

41 Orang Gila di Kabupaten Tangerang Dievakuasi ke Bogor, Ini Alasannya

Maya Sahurina | Jumat, 23 Agustus 2019 | 15:19

Mochamad Bachtiar, Kasie Penyakit Tidak Menular dan Kesehatan Jiwa Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) pada Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang. (@TangerangNews / Maya Sahurina)

TANGERANGNEWS.com-Pemerintah Kabupaten Tangerang,  mengevakuasi puluhan Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) ke RS DR H Marzoeki Mahdi (RSMM) Bogor.

Kasie Penyakit Tidak Menular dan Kesehatan Jiwa Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) pada Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang, Mochamad Bachtiar mengatakan evakuasi dilakukan agar  mereka mendapatkan pengobatan jiwa.

"Yang kita layani itu biasanya orang dengan gangguan jiwa berat, jadi memang kasus ini di masyarakat sudah timbul gejala berat baru nanti ditemukan. Untuk perawatannya di RSMM itu satu bulan, dia (ODGJ) akan dikembalikan ke kita itu biasanya ada perubahan dan kita kembalikan ke keluarganya," jelasnya. Jumat (23/8/2019).

Bachtiar mengatakan untuk biaya pengobatan ODGJ sebanyak 40 orang tersebut murni dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Tangerang, melalui Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda).

BACA JUGA:

"Keluarga dapat memanfaatkan pelayanan dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) dan Kartu Indonesia Sehat (KIS)." katanya.

Dalam mengatasi ODGJ menurut bahktiar, harus bekerja sama dengan berbagai pihak, agar tidak terkendala.

"Jadi sebenarnya untuk pelayanan kesehatan jiwa ini memang unik, terkadang ada gangguan fisik atau dia mengganggu orang lain, itu harus bersama-sama mengevakuasinya kalau ngamuk," ujarnya.

Bachtiar melanjutkan evakuasi ODGJ tersebut sudah dilakukan sebanyak empat kali berturut-turut, dengan tujuan Kabupaten Tangerang bebas pasung.

"Sesuai dengan amanat Undang-undang bawah kita harus memberikan pelayanan kesehatan jiwa terhadap ODGJ tidak boleh ditelantarkan, sehingga masyarakat dan keluarga juga aman," pungkasnya.(RAZ/RGI)

BANTEN
Prakiraan Cuaca BMKG di Tangerang untuk Senin 29 April 2024

Prakiraan Cuaca BMKG di Tangerang untuk Senin 29 April 2024

Senin, 29 April 2024 | 06:04

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) merilis prakiraan untuk wilayah Tangerang pada Senin, 29 April 2024.

NASIONAL
Jalin Kerja Sama dengan Huawei, PLN Perkuat Fondasi Teknologi Ketenagalistrikan Digital 

Jalin Kerja Sama dengan Huawei, PLN Perkuat Fondasi Teknologi Ketenagalistrikan Digital 

Senin, 29 April 2024 | 18:31

PT PLN (Persero) terus melakukan transformasi perusahaan berbasis digital dan pengembangan teknologi sistem kelistrikan seiring dengan langkah transisi energi.

TANGSEL
Pemotor Tewas Tabrak Dump Truk Parkir di Pinggir Jalan Setu Tangsel

Pemotor Tewas Tabrak Dump Truk Parkir di Pinggir Jalan Setu Tangsel

Senin, 29 April 2024 | 14:54

Seorang pemotor tewas di tempat usai menabrak dump truk yang sedang parkir di pinggir Jalan Raya Taman Tekno Widya, Kelurahan Setu, Kecamatan Setu, Kota Tangerang Selatan (Tangsel).

KOTA TANGERANG
Dinkes Kota Tangerang Imbau Warga Lakukan Ini untuk Cegah Flu Singapura

Dinkes Kota Tangerang Imbau Warga Lakukan Ini untuk Cegah Flu Singapura

Senin, 29 April 2024 | 19:18

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangerang dr. Dini Anggraeni mengimbau agar masyarakat menjaga kebersihan dan kekuatan imunitas, untuk mencegah tertular flu singapura yang saat ini tengah marak.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill