Connect With Us

ALVAboard Manfaatkan 100 Persen Plastik Daur Ulang Jadi Kardus Serba Guna

Rangga Agung Zuliansyah | Jumat, 9 Juni 2023 | 11:54

Salah satu produk kardus plastik ALVAboad yang diproduksi PT Alpha Gemilang Makmur Tangerang, Kami 8 Juni 2023. (@TangerangNews / Rangga Agung Zuliansyah)

TANGERANGNEWS.com-Kardus plastik ALVAboard yang produksi PT Alpha Gemilang Makmur Tangerang, memiliki banyak kelebihan dibanding kardus biasa yang pada umumnya terbuat dari kertas atau karton.

Selain lebih tahan lama, kardus plastik ALVAboard juga lebih ramah lingkungan karena 100 persen dibuat dari plastik bekas yang didaur ulang.

Alden Lukman, CEO PT Alpha Gemilang Makmur menjelaskan, dalam produksi kardus ALVAboard pihaknya memanfaatkan sampah plastik bekas yang telah didaur ulang jadi biji plastik dari sejumlah perusahaan pengolah limbah maupun pengepul.

Dalam satu bulan, bahan sampah plastik yang digunakan bisa mencapai 10-20 ton untuk menghasilkan sekitar 50 ribu sampai 100 ribu kardus berbagai ukuran.

"Perbandingannya 1 banding 1, jadi tidak ada material campuran. 100 persen dari sampah plastik," katanya, Kamis 8 Juni 2023.

Produk yang dihasilkan pun terdiri dari berbagai ukuran dan bentuk seperti tong sampah, pengganti triplek, tempat tissu, boks penyimpan makanan dan pakaian, hingga kursi.

"Kardus ALVAboard juga sering digunakan untuk keperluan pindahan atau packaging produk FnB dan UMKM, karena ini sudah food grade jadi aman," tambah Alden.

Adapun kelebihan dari kardus ALVAboard yakni dapat dilipat jika sudah digunakan, anti air dan bisa disemprot disinfektan, tahan panas dan benturan, anti rayap dan jamur hingga tahunan.

"Harganya pun sama dengan kardus biasa," jelas Alden.

Menurut Alden produknya ini selain lebih memenuhi kebutuhan masyarakat, juga sebagai wujud penerapan ekonomi sirkular terhadap pengolahan sampah dalam bentuk daur ulang.

Sebab, sesuai data yang dipaparkan Kemenperin, pengumpulan sampah plastik yang ada saat ini, baru sekitar 20 persen yang bisa dipergunakan sebagai bahan baku plastik.

Selain itu, plastik yang tidak didaur ulang setara dengan 3,8 persen emisi gas rumah kaca global dan masuk dalam kategori pencemar terbesar.

"Inilah mengapa daur ulang sangat penting. Untuk mendukung ekonomi sirkular di masyarakat, ALVAboard bersedia menerima kembali packaging yang rusak atau sudah tidak dipakai, agar tetap kembali didaur ulang oleh kami menjadi packaging baru," tutip Alden.

HIBURAN
Parto Patrio Bakal Dioperasi, Sakit Apa?

Parto Patrio Bakal Dioperasi, Sakit Apa?

Kamis, 25 April 2024 | 12:21

Viral di media sosial sebuah video menunjukkan komedian Parto Patrio dilarikan ke rumah sakit menggunakan ambulans.

TEKNO
Kerap Rugikan Konsumen, Pelaku Usaha RT/RW Net Diimbau Ikuti Aturan Kemenkominfo

Kerap Rugikan Konsumen, Pelaku Usaha RT/RW Net Diimbau Ikuti Aturan Kemenkominfo

Kamis, 25 April 2024 | 14:20

Baru-baru ini kembali mencuat maraknya praktik ilegal RT/RW Net. Sebab, praktik ilegal ini tak hanya merugikan penyelenggara jasa telekomunikasi, juga berdampak negatif bagi konsumen di Indonesia.

PROPERTI
AMMAIA Ecoforest Hadirkan Hunian Eksklusif Sejuk dan Ramah Lingkungan di Tangerang, Mulai dari Rp1,8 Miliar

AMMAIA Ecoforest Hadirkan Hunian Eksklusif Sejuk dan Ramah Lingkungan di Tangerang, Mulai dari Rp1,8 Miliar

Rabu, 24 April 2024 | 21:36

Astra Land Indonesia (ALI) melalui kerjasama dua developer properti terkemuka Astra Property dan Hongkong Land, menghadirkan kawasan perumahan eksklusif bernama AMMAIA Ecoforest, di kawasan Suvarna Sutera, Cikupa, Kabupaten Tangerang.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill