Connect With Us

Sebabkan Polusi dan Kebakaran, Kapolres Metro Tangerang Minta Warga Laporkan Pembakar Sampah

Rangga Agung Zuliansyah | Selasa, 10 Oktober 2023 | 01:01

Kapolres Metro Tangerang Kapolres Metro Tangerang Kota Kombes Pol Zain Dwi Nugroho mengecek pembakaran sampah ban bekas di Kampung Utan Jati, Desa Jatimulya, Kecamatan Sepatan Timur, Kabupaten Tangerang, Senin 9 Oktober 2023. (@TangerangNews / Rangga Agung Zuliansyah)

TANGERANGNEWS.com-Kapolres Metro Tangerang Kapolres Metro Tangerang Kota Kombes Pol Zain Dwi Nugroho meminta masyarakat yang menemukan aktifitas pembakaran sampah atau ban bekas secara ilegal, agar langsung dilaporkan ke Kepolisian.

Pasalnya, pembakaran sampah dan ban bekas secara ilegal dinilai menjadi salah satu faktor munculnya permasalahan polusi udara. 

"Masyarakat dapat melaporkan kepada petugas untuk ditindaklanjuti. Termasuk industri, apabila masih terulang dan bila sudah diingatkan akan ada sanksi tegas," ujarnya, Selasa 10 Oktober 2023.

Menurutnya, pembakaran sampah dan ban bekas secara terbuka juga membahayakan, karena dapat menimbulkan kerugian kebakaran bila berdekatan dengan pemukiman. Sebab cuaca panas ekstrim dapat memicu api semakin membesar.

Ia pun mengintruksikan seluruh Polsek jajaran untuk menegur dan mengingatkan masyarakat yang masih membakar sampah melalui Bhabinkamtibmas dan Polisi RW.

"Kami akan bekerjasama (Polisi/TNI dan Forkopimda) di lapangan untuk mengawasi pembakaran-pembakaran sampah dan ban bekas secara liar di wilayah hukum Polres Metro Tangerang Kota," kata Zain.

Menurutnya, Kepolisian sebagai pengayom, pelindung dan pelayan masyarakat akan lebih aktif melaksanakan edukasi dan imbauan dalam rangka menekan permasalahan lingkungan yang terjadi saat ini akibat polusi udara.

Seperti yang dilaporkan di wilayah hukum Polsek Sepatan, pada Senin 9 Oktober 2023 sekira pukul 08.40 WIB, telah terjadi kebakaran sampah ban bekas di Kampung Utan Jati, Desa Jatimulya, Kecamatan Sepatan Timur, Kabupaten Tangerang. 

"Laporan cepat masyarakat akibat pembakaran ban bekas tersebut dapat langsung diatasi petugas yang segera meminta bantuan pemadam kebakaran. Kami akan memaksimalkan pengawasan terhadap pembakaran ban bekas di wilayah," pungkas Zain.

BISNIS
2 Pekan Lagi Ramadan, Simak 5 Ide Jualan Minuman Takjil Buka Puasa

2 Pekan Lagi Ramadan, Simak 5 Ide Jualan Minuman Takjil Buka Puasa

Senin, 26 Februari 2024 | 11:53

Dalam menjalankan bisnis kuliner, terutama pada momen buka puasa, ide kreatif dalam penyajian takjil bisa menjadi kunci sukses.

TANGSEL
Gardu Listrik Keluarkan Asap dan Meledak di Pondok Aren Tangsel, Bikin Panik Warga

Gardu Listrik Keluarkan Asap dan Meledak di Pondok Aren Tangsel, Bikin Panik Warga

Minggu, 25 Februari 2024 | 08:58

Gardu trafo PLN di Jalan Jenderal Sudirman, Sektor 09 Bintaro Jaya, RT 07/01, Kelurahan Pondok Pucung, Kecamatan Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan (Tangsel) meledak, Jumat 24 Februari 2024.

PROPERTI
Insentif PPN DTP Berlanjut, Purinusa Group Gaspol Bangun 651 Unit Rumah di Tangerang

Insentif PPN DTP Berlanjut, Purinusa Group Gaspol Bangun 651 Unit Rumah di Tangerang

Jumat, 23 Februari 2024 | 20:17

Pemerintah resmi memperpanjang program insentif pajak pertambahan nilai atas penyerahan rumah ditanggung pemerintah (DTP) 100%.

TEKNO
OPPO Bakal Hadirkan Perangkat IoT Baru di Tahun 2024

OPPO Bakal Hadirkan Perangkat IoT Baru di Tahun 2024

Selasa, 20 Februari 2024 | 12:56

Produsen pionir teknologi & inovasi, OPPO, kembali menunjukkan komitmennya mendukung kesehatan masyarakat Indonesia yang dihadirkan dalam inovasi terdepan perangkat IoT terkini.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill