Connect With Us

Warga Curug Tangerang Diduga Tipu Pemilik Kos, Modus Kirim Bukti Transfer Palsu

Fahrul Dwi Putra | Kamis, 23 November 2023 | 18:02

Ilustrasi penipuan (Istimewa / Istimewa)

TANGERANGNEWS.com- Seorang pria berinisial RH diduga melakukan penipuan pemalsuan bukti transfer terhadap pemilik indekos di Yogyakarta.

Kasus ini diungkap melalui utas dari akun X (Twitter) @merapi_uncover pada Rabu, 22 November 2023.

Dalam utas tersebut, terlampir juga identitas terduga pelaku yang berasal dari Kadu, Kecamatan Curug, Kabupaten Tangerang.

Kronologi bermula saat korban menawarkan indekos milik orang tuanya kepada terduga pelaku.

Usai negosiasi singkat, terduga pelaku yang mengaku hendak magang di RS JIH, Yogyakarta itu sepakat menyewa satu kamar indekos selama kurang lebih enam bulan.

Setelah melalui kesepakatan, pelaku mengaku telah mentransfer biaya sewa kos dan mengirimkan bukti transfernya pada 21 November 2023.

"Bodohnya aku percaya tanpa cek saldo. Langsung dibuatin kwitansi sama ibu," ucap korban.

Tak berselang lama, terduga pelaku kembali menghubungi korban untuk membatalkan durasi sewa, sehingga meminta refund dengan dalih durasi magangnya dipersingkat menjadi hanya tiga bulan.

Beruntung sebelum mentransfer refund, korban sempat menyadari tidak adanya saldo masuk pada 21 November yang mengindikasikan bukti transfer dari terduga pelaku ialah palsu.

"Sebelum tf balik aku cek mutasi saldo dan belum ada transfer masuk ditanggal segitu dengan jumlah yg sama, dan akhirnya nomerku diblokir sama dia," tutupnya.

Utas tersebut pun menuai beragam reaksi dari warganet yang mengaku pernah mengalami hal serupa.

"Udah pernah, pokoknya sekiranya ada alasan ga masuk di akal boleh kah kita berpraduga, selalu cek mutasi itu yang utama," komentar akun @AzukaCherry1892.

"Dah pernah kayak gitu,tapi sudah curiga dulu, yang udah liat kamar aja belum tentu deal. Kok belum tau tempatnya deal 6 bulan minta no rekening enggak saya kasih. Blokir nomornya," timpal @Simon_pramono.

"Hati-hati penipuan modelan kayak gini nder. September kemarin pernah, hampir saja. Buat flyer untuk open donasi air. Ada yang japri ngirim bukti tf magrib (biasanya modusnya japri di jam lengah). Setelah itu minta di-refund karena kelebihan dengan alasan tertentu. Ternyata dia blm tf," kata akun @enemyee__.

MANCANEGARA
Wow, Di Negara Ini Memeluk Kucing 4 Jam Sehari Bisa Dibayar Rp162 Juta

Wow, Di Negara Ini Memeluk Kucing 4 Jam Sehari Bisa Dibayar Rp162 Juta

Rabu, 24 April 2024 | 10:33

Perusahaan makanan hewan asal Kanada, ACANA bekerja sama dengan organisasi kesejahteraan hewan Best Friends Animal Society membuka lowongan pekerjaan sebagai kitten cuddler.

SPORT
Turnamen Voli PLN Mobile Proliga 2024 Resmi Dimulai

Turnamen Voli PLN Mobile Proliga 2024 Resmi Dimulai

Sabtu, 27 April 2024 | 18:58

Salah satu turnamen voli paling bergengsi, PLN Mobile Proliga 2024 resmi dimulai, di GOR Amongrogo, Yogyakarta pada Kamis, 25 April 2024.

TOKOH
Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Kamis, 22 Februari 2024 | 15:37

Praja Muda Karana atau Pramuka merupakan gerakan kepanduan paling populer yang dicetuskan oleh Baden Powell.

OPINI
Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Senin, 15 April 2024 | 12:24

Jagat dunia maya tengah dihebohkan oleh kasus korupsi super besar yang terjadi baru-baru ini, yakni korupsi yang melibatkan suami dari aktris Sandra Dewi, Harvey Moeis, serta Helena Lim sosok yang terkenal sebagai crazy rich Pantai Indah Kapuk (PIK).

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill