Connect With Us

Target Rampung Pertengahan 2025, Stasiun Jatake di BSD Tangerang Mulai Dibangun

Fahrul Dwi Putra | Minggu, 31 Maret 2024 | 14:07

Penjabat (Pj) Bupati TangerangAndi Ony mendampingi Menteri Perhubungan (Menhub) RI Budi Karya Sumadi dalam peletakan batu pertama pembangunan Stasiun Baru Jatake di Desa Kecamatan Pagedangan, Kabupaten Tangerang, Sabtu, 30 Maret 2024. (@TangerangNews / Istimewa)

TANGERANGNEWS.com- Pembangunan Stasiun Baru Jatake di Desa Kecamatan Pagedangan, Kabupaten Tangerang, dimulai. Hal itu ditandai dengan peletakan batu pertama pada Sabtu, 30 Maret 2024.

Acara peletakan batu pertama itu dihadiri Penjabat (Pj) Bupati TangerangAndi Ony mendampingi Menteri Perhubungan (Menhub) RI Budi Karya Sumadi.

Pj Bupati Tangerang Andi Ony menyampaikan apresiasi atas kolaborasi antara Sinar Mas Land, PT KAI, dan Kementerian Perhubungan dalam pembangunan stasiun kereta api di Desa Jatake Kecamatan Pagedangan tersebut.

Dia berharap bahwa kehadiran Stasiun Jatake di Kecamatan Pagedangan akan mempermudah akses transportasi bagi masyarakat di wilayah tersebut, termasuk Cisauk dan BSD City.

"Stasiun Jatake Pagedangan ini diharapkan semakin menambah kemudahan aksesibilitas masyarakat Kabupaten Tangerang khususnya di wilayah Cisauk, Pagedangan dan sekitarnya," ucapnya.

Menanggapi hal itu, Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi menyatakan bahwa prosesi groundbreaking Stasiun Jatake menandai dimulainya pembangunan stasiun oleh Sinar Mas Land melalui PT Bumi Serpong Damai, merupakan kolaborasi antara pemerintah, BUMN, dan swasta tanpa menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Budi menuturkan, proyek seperti ini merupakan contoh kreativitas pendanaan di mana prasarana transportasi dikerjasamakan dengan swasta. 

Menurutnya, perlu lebih banyak proyek seperti ini untuk meningkatkan integrasi antara moda transportasi kereta api dengan kawasan perkotaan.

Dia menambahkan, pembangunan Stasiun Jatake merupakan bagian dari konsep Transit Oriented Development (TOD) yang bertujuan untuk mengurangi kepadatan transportasi di jalan raya dengan memaksimalkan penggunaan transportasi umum.

"Semoga nantinya bisa difasilitasi feeder-feeder pada kantong-kantong pemukiman di luar BSD karena masyarakat di luar BSD juga membutuhkan aksesibilitas. Sehingga, peralihan masyarakat dari menggunakan angkutan pribadi menjadi angkutan massal perkotaan dapat terwujud," tambahnya.

Sementara itu, Direktur PT BSD Syukur Lawigena berharap, keberadaan Stasiun Jatake akan mendorong pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan keberlanjutan di wilayah Kabupaten Tangerang dan Kota Tangerang Selatan.

"Jika masyarakat terdorong untuk lebih menggunakan kendaraan umum, maka akan mengurangi pula jejak karbon dan polusi udara," pungkasnya.

Sebagai informasi, Stasiun Jatake berada di KM 37+045 di atas lahan seluas 2.435 m2 dengan rute Tanah Abang-Rangkas Bitung. 

Pembangunan stasiun Jatake telah dimulai sejak Januari 2024 dan direncanakan mulai beroperasi pada pertengahan 2025. 

Di area tersebut nantinya akan dibangun gedung stasiun kereta api dengan 3 lantai dengan luas bangunan sekitar 3.000 m2 dan memiliki peron dengan panjang 250 meter dan lebar masing-masing peron 6 meter.

BANDARA
Layanan Transportasi Darat di Terminal 1 Bandara Soetta Dipindah, Begini Skemanya

Layanan Transportasi Darat di Terminal 1 Bandara Soetta Dipindah, Begini Skemanya

Senin, 10 Juni 2024 | 16:50

Mulai Selasa 11 Juni 2024, lokasi sejumlah layanan moda transportasi darat di Terminal 1 Bandara Soekarno-Hatta (Soetta), Kota Tangerang, dipindahkan untuk lebih memudahkan penumpang.

PROPERTI
Jadi Pusat Otomotif di Gading Serpong Tangerang, BEZ Auto Center Diluncurkan 

Jadi Pusat Otomotif di Gading Serpong Tangerang, BEZ Auto Center Diluncurkan 

Kamis, 13 Juni 2024 | 20:35

Pusat otomotif terpadu BEZ Auto Center besutan Paramount Land, yang berlokasi di Illago Grande, Gading Serpong, resmi diluncurkan pada Selasa, 11 Juni 2024.

TEKNO
Jangan Beli Infinix Note 40 Sebelum Baca 11 Fitur Unggulannya, Nomor 6 Mirip iPhone 

Jangan Beli Infinix Note 40 Sebelum Baca 11 Fitur Unggulannya, Nomor 6 Mirip iPhone 

Selasa, 11 Juni 2024 | 10:27

Infinix Note 40 menjadi merupakan salah satu seri ponsel terbaru dari Infinix, Note 40 menawarkan sejumlah fitur menarik yang meningkatkan produktivitas dan kenyamanan penggunaan.

HIBURAN
D’Masiv Bakal Tampil di Peluncuran Maskot Pilkada Kota Tangerang, Cek Jadwal dan Lokasi Parkirnya

D’Masiv Bakal Tampil di Peluncuran Maskot Pilkada Kota Tangerang, Cek Jadwal dan Lokasi Parkirnya

Jumat, 14 Juni 2024 | 14:50

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangerang akan meluncurkan Jingle, Maskot dan Tagline dalam rangka memeriahkan Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tahun 2024, Jumat 14 Juni 2024.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill