Connect With Us

Mulai 2016 Perusahaan di Tangerang Wajib BPJS

Rangga Agung Zuliansyah | Jumat, 18 Desember 2015 | 17:00

BPJS Ketenagakerjaan (sumber Antaranews/Google / TangerangNews)

TANGERANG - Mulai 1 Januari 2016, tidak boleh ada lagi pekerja di perusahaan yang belum terdaftar dalam BPJS Ketenagakerjaan.

Jika ditemukan, pihak  perusahaan terancam dipidanakan. Pasalnya hal itu merupakan kewajiban yang harus dilaksanakan perusahaan berdasarkan Undang-undang.

Dinas Ketenagaskerjaan (Disnaker) Kota Tangerang Abduh Surahman mengatakan, dengan di bentuknya BPJS maka perusahaan yang sebelumnya tergabung kedalam Jamsostek kini diharuskan untuk bergabung kedalam BPJS.

"Setiap perusahaan diwajibkan untuk melindungi pekerjanya baik dalam hal ketenaga kerjaan maupun kesehatan. Karena itu kami minta kepada perusahaan untuk segera mendaftarkan pekerjanya ke BPJS, karena bila tidak ada sanksi yang bisa dipidanakan," ujarnya, Jumat (18/12).

Abduh menjelaskan, Disnaker memiliki nota kesepahaman dengan para perusahaan. Apabila mereka diketahui membangkang dengan tidak mendaftarkan karyawan ke BPJS, akan diseret ke meja hijau. Tapi penindakan ini mesti dikoordinasikan dengan BPJS Ketenagakerjaan terlebih dulu.

“Saat mereka membangkang kami bisa laporkan ke pengadilan dengan koordinasi dulu dengan BPJS,”  ujar Abduh.

Menurut Abduh, sesuai amanat Perpres nomor 11/2013 tentang perubahan atau Perpres nomor 12 /2013 tentang jaminan kesehatan, pemberi kerja atau perusahaan skala besar, menengah, kecil, dan BUMN maka wajib mendaftarkan kepesertaannyabke BPJS paling lambat 1 Januari 2016 yang terhitung sejak bulan juli 2015.

"Sanki bagi perusahaan yang belum mendaftarkan pekerjanya ikut BPJS tertuang dalam PP nomor 86/2013 sebagai payung hukumnya, diantaranya dikenakan teguran tertulis, denda atau tidak mendapatkan pelayanan publik tertentu," jelasnya.

NASIONAL
Rekomendasi Pilihan Oleh-oleh Haji, Bisa Dibeli di Tanah Air!

Rekomendasi Pilihan Oleh-oleh Haji, Bisa Dibeli di Tanah Air!

Jumat, 3 Mei 2024 | 18:02

Bagi umat Muslim, menunaikan ibadah haji adalah salah satu kewajiban agama yang sangat diidamkan. Selain menjadi momen spiritual yang mendalam,

SPORT
Persikota Tangerang Taklukkan Kartanegara FC dengan Skor 1-0

Persikota Tangerang Taklukkan Kartanegara FC dengan Skor 1-0

Jumat, 3 Mei 2024 | 19:33

Persikota Tangerang memastikan poin penuh dalam laga lanjutan 80 Besar Liga 3 Nasional.

TEKNO
Smartphone OPPO Paling Banyak Dibeli Warga Indonesia di Awal Tahun 2024

Smartphone OPPO Paling Banyak Dibeli Warga Indonesia di Awal Tahun 2024

Jumat, 3 Mei 2024 | 19:16

Smartphone OPPO tercatat sebagai ponsel yang paling banyak dibeli di Indonesia pada awal tahun 2024.

OPINI
Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Senin, 15 April 2024 | 12:24

Jagat dunia maya tengah dihebohkan oleh kasus korupsi super besar yang terjadi baru-baru ini, yakni korupsi yang melibatkan suami dari aktris Sandra Dewi, Harvey Moeis, serta Helena Lim sosok yang terkenal sebagai crazy rich Pantai Indah Kapuk (PIK).

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill