Connect With Us

Dinas PAD Kota Tangerang Mulai Tata Kearsipan Digital

Advertorial | Kamis, 3 Mei 2018 | 12:00

Para Staff Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (PAD) Kota Tangerang. (@TangerangNews.com / Achmad Irfan Fauzi)

TANGERANGNEWS.com-Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) mewajibkan pemerintah daerah seluruh Indonesia untuk menyimpan berbagai dokumen atau arsip demi kepentingan di masa mendatang.  Terkait hal tersebut, Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (PAD) setempat pun tengah menata kearsipan digital.

Kabid Pengembangan Dokumentasi Dinas PAD Kota Tangerang Acep Suhardiman menuturkan,kearsipan memiliki peran penting dalam suatu organisasi termasuk di lingkungan Pemkot Tangerang. Dia juga menjelaskan manajemen arsip digital adalah pusat data. Bahwa saat ini Pemkot Tangerang tengah menata arsip digital yang ada di Kota Tangerang, ada pun arsip yang paling dinamis dan statis yaitu IMB.

"Sedangkan untuk surat penting di tahun 1993 ke atas, Insya Allah tengah kita tata kembali,” ujar Acep, Kamis (3/4/2018).



Tak hanya itu, sejumlah sumber daya manusia (SDM) yang dimiliki Dinas Pendapatan Asli Daerah (PAD) telah dilatih selama 10 hari.

“Ketersediaan arsip yang autentik dan terpercaya serta mendinamiskan sistem kearsipan diperlukan penyelenggaraan penyimpanan arsip sesuai standar, maka tidak hanya pola penyimpanan arsip manual tapi diperlukan sistem penyimpanan arsip secara elektronika atau sistem penyimpanan arsip digital,” jelas Acep.

Saat ini, lanjut Acep, hanya tinggal menyiapkan perangkat untuk sistem penyimpanan arsip digital.“Intinya tidak hanya arsip digital saja tetapi Perpustakaan pun sudah digital yang dimiliki Pemkot Tangerang saat ini. Tanpa adanya pengelolaan arsip secara baik dan tertib tidak mungkin kami bisa mengingat sesuatu proses bahkan suatu hasil dalam hal apapun,” paparnya.(RAZ/RGI)

MANCANEGARA
Butuh Hiburan? Coba Kunjungi 5 Tempat Paling Lucu di Dunia 

Butuh Hiburan? Coba Kunjungi 5 Tempat Paling Lucu di Dunia 

Jumat, 3 Mei 2024 | 09:51

Tertawa adalah salah satu reaksi alamiah manusia. Biasanya dipicu karena peristiwa atau kejadian lucu sesuai dengan selera humor masing-masing Individu.

PROPERTI
AMMAIA Ecoforest Hadirkan Hunian Eksklusif Sejuk dan Ramah Lingkungan di Tangerang, Mulai dari Rp1,8 Miliar

AMMAIA Ecoforest Hadirkan Hunian Eksklusif Sejuk dan Ramah Lingkungan di Tangerang, Mulai dari Rp1,8 Miliar

Rabu, 24 April 2024 | 21:36

Astra Land Indonesia (ALI) melalui kerjasama dua developer properti terkemuka Astra Property dan Hongkong Land, menghadirkan kawasan perumahan eksklusif bernama AMMAIA Ecoforest, di kawasan Suvarna Sutera, Cikupa, Kabupaten Tangerang.

TANGSEL
Jukir Liar Gigit Jari Satpam Sampai Putus di Pondok Aren Tangsel Terancam 5 Tahun Penjara

Jukir Liar Gigit Jari Satpam Sampai Putus di Pondok Aren Tangsel Terancam 5 Tahun Penjara

Jumat, 3 Mei 2024 | 16:00

Iwan Misanto alias Botol, juru parkir (jukir) liar di kawasan Pondok Pucung, Kecamatan Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan (Tangsel) yang menggigit jari satpam sampai putus karena masalah parkir, telah ditangkap Polisi dan ditetapkan tersangka.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill