Connect With Us

Komisi V DPR RI Tinjau Proyek SPAM di Kota Tangerang, 50 Ribu KK Bakal Tersalurkan Air Bersih

Achmad Irfan Fauzi | Jumat, 3 Juni 2022 | 15:37

Komisi V DPR RI meninjau proyek SPAM di Jalan Dr Sitanala Neglasari, Kota Tangerang, Jumat 3 Juni 2022. (@TangerangNews / Achmad Irfan Fauzi)

TANGERANGNEWS.com-Rombongan anggota Komisi V DPR RI meninjau proyek pembangunan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Sitanala 500 liter per detik di Jalan Dr Sitanala, Kecamatan Neglasari, Kota Tangerang, Jumat 3 Juni 2022.

Dalam kunjungan yang dipimpin oleh Wakil Ketua Komisi V DPR RI Ridwan Bae ini, rombongan menerima penjelasan, dan berdialog dengan pihak Kementerian PUPR. Kemudian, rombongan juga meninjau pelaksanaan proyek Instalasi Pengolahan Air (IPA).

"Kedatangan kami di sini pada kegiatan pembangunan SPAM Sitanala untuk mengetahui progres pekerjaan proyek, ruang lingkup pekerjaan, capaian dan pemanfaatan pelayanan masyarakat terhadap air bersih, serta permasalahan di lapangan dan tindak lanjut permasalahan pada pembangunan SPAM Sitanala," ujarnya..

Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Banten Kementerian PUPR Yoza Habibie mengatakan, untuk saat ini pihaknya masih melakukan pengerjaan proyek sesuai rencana, yakni membangun IPA 500 liter per detik di Sitanala yang ditarget rampung pada November 2022.

Menurut Yoza, pembangunan IPA 500 liter per detik saat ini masih berada ditahap pertama, bahwa progresnya sudah mencapai 46 persen.

Adapun jika pembangunannya sudah selesai, IPA Sitanala ini akan diserahkan pelayanannya kepada Perumda Tirta Benteng, untuk memberikan pelayanan air bersih kepada masyarakat di kawasan zona dua Kota Tangerang dengan perkiraan 50 ribu keluarga.

Namun Yoza menilai jumlah volume tersebut masih kurang dari idealnya 1.000 liter per detik. Karena itu, diharapkan Komisi V DPR RI bisa memfasilitasi Kementerian PUPR untuk menambah pembangunan volume debitnya.

"Tadi juga sudah disampaikan bahwa kebutuhan itu sebenarnya 1.000 liter per detik. Mudah-mudahan Komisi V bisa memfasilitasi membantu 500 liter per detik lagi. Sehingga seluruh kebutuhan masyarakat prediksi ke depan, masyarakat untuk Kota Tangerang ini bisa tercapai," jelasnya.

Direktorat Jenderal Cipta Karya yang diwakili oleh Direktur Air Minum Kementerian PUPR Anang Muchlis menambahkan, pengembangan SPAM Kota Tangerang terbagi menjadi tiga zona untuk 13 kecamatan berbeda.

"Pembangunan IPA Sitanala ini direncanakan dapat memenuhi akses pelayanan air minum untuk wilayah di zona 2 dengan sambungan langganan sebanyak 39.969, yakni Karawaci, Cibodas, Jatiuwung, dan Periuk," jelasnya.

Wali Kota Tangerang Arief menuturkan, adanya pembangunan IPA Sitanala ini sudah cukup membantu Pemerintah Kota Tangerang dalam menyuplai air bersih kepada masyarakat Kota Tangerang.

"Kami apresiasi atas kunjungan Komisi V DPR RI memantau langsung, karena memang ini program pemerintah pusat membantu masyarakat Kota Tangerang. Mudah-mudahan ini menjadi semangat bagi pemerintah kota melalui PDAM, untuk bisa memberikan akses air bersih yang lebih baik bagi masyarakat," pungkasnya.

OPINI
Cara Islam Mewujudkan Transportasi Aman dan Nyaman

Cara Islam Mewujudkan Transportasi Aman dan Nyaman

Rabu, 15 Mei 2024 | 13:55

Transportasi aman dan nyaman adalah tuntutan kebutuhan setiap individu masyarakat. Dengannya dapat mengantarkan ke tempat tujuan dengan selamat. Terhindar dari ancaman kejahatan selama diperjalanan dan kecelakaan lalu lintas.

WISATA
Manjakan Diri dengan Fasilitas Baru Novotel Tangerang

Manjakan Diri dengan Fasilitas Baru Novotel Tangerang

Rabu, 15 Mei 2024 | 19:10

Novotel Tangerang, sebagai salah satu hotel bertaraf internasional yang menawarkan banyak program dan fasilitas menarik telah resmi memiliki fasilitas baru di antaranya gym, sauna, dan kids club.

BISNIS
ACE Hardware Hadir di Rawa Buntu Tangsel, Tawarkan 50.000 Produk Rumah Tangga

ACE Hardware Hadir di Rawa Buntu Tangsel, Tawarkan 50.000 Produk Rumah Tangga

Jumat, 10 Mei 2024 | 14:36

PT ACE Hardware Indonesia Tbk, pusat kebutuhan rumah dan gaya hidup terbesar di Indonesia, kembali melanjutkan ekspansi dengan membuka store terbarunya di Rawa Buntu, Kota Tangerang Selatan (Tangsel).

TANGSEL
KPU Tangsel Lantik 35 Anggota PPK untuk Pilkada 2024

KPU Tangsel Lantik 35 Anggota PPK untuk Pilkada 2024

Jumat, 17 Mei 2024 | 16:06

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) melantik 35 Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK).

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill