Connect With Us

Kemarau Bikin TPA Rawan Kebakaran, Wali Kota Arief Usul Terapkan PSEL

Fahrul Dwi Putra | Senin, 23 Oktober 2023 | 19:46

Kebakaran hebat di TPA Rawa Kucing di Kecamatan Neglasari, Kota Tangerang, diduga akibat cuaca panas ekstrem tak kunjung padam hingga pukul 21.30 WIB, Jumat, 20 Oktober 2023. (@TangerangNews / Istimewa )

TANGERANGNEWS.com- Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Rawa Kucing, Kota Tangerang mengalami kebakaran hebat diduga akibat cuaca panas dari kemarau panjang hingga memerlukan proses pemadaman selama lima hari berturut-turut sejak Jumat, 20 Oktober 2023.

Berdasarkan catatan, 80 persen lahan TPA seluas hampir 35 hektare itu hangus dilalap Si Jago Merah.

Terkait hal itu, Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah mengusulkan percepatan penerapan Pengolahan Sampah Menjadi Energi Listrik (PSEL).

Pasalnya, kebakaran di TPA tidak hanya terjadi di Kota Tangerang, melainkan di wilayah-wilayah lainnya pun mengalami hal serupa 

"Tidak hanya di sini tetapi juga di 20 TPA lain yang ada di Indonesia juga mengalami hal yang sama. Makanya perlu segera direalisasikan." ujar Arief saat menerima kunjungan dari Kemenko Maritim dan Investasi (Marves) Republik Indonesia, Selasa, 24 Oktober 2023.

Selanjutnya, Arief merencanakan sisi selatan TPA untuk diubah menjadi tempat penampungan air tambahan guna memastikan suplai air bagi kendaraan pemadam kebakaran jika api kembali muncul.

"Agar kita punya tandon air tambahan selain di pintu 2 sehingga jika muncul api lagi proses pemadaman bisa lebih cepat," katanya.

Sementara itu, Deputi Bidang Koordinasi Pengelolaan Lingkungan dan Kehutanan Kemenko Marves Nani Hendiarti menilai penanganan kebakaran di TPA Rawa Kucing termasuk cukup cepat.

Menurutnya, kejadian serupa di wilayah-wilayah lainnya membutuhkan waktu lebih lama dalam proses pemadaman menuju ke tahap pendinginan.

"Karena kalau dilihat dari daerah lain itu biasanya lebih memakan waktu bahkan ada yang luasnya lebih kecil dari di sini juga memerlukan waktu yang lebih lama untuk penanganannya," ungkapnya.

Lebih lanjut, Nani menyebut pihaknya siap membantu ketersediaan sarana dan prasarana yang dibutuhkan dalam penanganan kebakaran TPA Rawa Kucing 

"Kita di sini adalah untuk meninjau sekaligus mengidentifikasi kebutuhan apa saja yang sekiranya diperlukan untuk membantu penanganan kebakaran," pungkasnya.

Sebagai informasi, penanganan kebakaran TPA Rawa Kucing ditangani oleh ratusan petugas gabungan yang telah diterjunkan sejak hari pertama kebarakan pada Jumat, 20 Oktober 2023 lalu. 

Prosesor pemadaman juga dibantu olehtim KLHK yang tergabung dalam Manggala Agni di hari ke 4 termasuk juga water bombing yang dilakukan oleh BNPB.

TOKOH
Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Kamis, 22 Februari 2024 | 15:37

Praja Muda Karana atau Pramuka merupakan gerakan kepanduan paling populer yang dicetuskan oleh Baden Powell.

NASIONAL
Rugi Kalau Ketinggalan, Simak 8 Amalan di Malam Nisfu Syakban

Rugi Kalau Ketinggalan, Simak 8 Amalan di Malam Nisfu Syakban

Sabtu, 24 Februari 2024 | 11:08

Nisfu Syakban akan segera tiba, tepatnya pada 15 Sya’ban 1445 Hijriah atau Minggu, 25 Februari 2024.

HIBURAN
Konser Jonas Brothers di ICE BSD Tangerang Dibuka Putri Ariani

Konser Jonas Brothers di ICE BSD Tangerang Dibuka Putri Ariani

Sabtu, 24 Februari 2024 | 22:09

Konser band asal Amerika Serikat Jonas Brothers bertajuk "The Tour" berlangsung di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Kabupaten Tangerang, Sabtu, 24 Februari 2024, malam WIB.

KOTA TANGERANG
MUI Kota Tangerang Ajak Masyarakat Peringati Malam Nisfu Syakban 1445 H

MUI Kota Tangerang Ajak Masyarakat Peringati Malam Nisfu Syakban 1445 H

Sabtu, 24 Februari 2024 | 15:27

Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Tangerang mengajak umat muslim, khususnya di Kota Tangerang untuk memperingati malam Nisfu Syakban di masjid, musala, atau rumah masing-masing.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill