Connect With Us

Sidak Pasar, DKP Kota Tangerang Temukan Belasan Sampel Positif Mengandung Boraks

Fahrul Dwi Putra | Selasa, 19 Desember 2023 | 00:28

Sejumlah pasar di Kota Tangerang disidak oleh DKP dan Dinkes Kota Tangerang menjelang perayaan Hari Natal dan Tahun Baru (Nataru). (@TangerangNews / Istimewa)

TANGERANGNEWS.com- Jelang perayaan hari besar keagamaan Natal dan Tahun Baru (Nataru), Dinas Ketahanan Pangan (DKP) melakukan inpeksi mendadak (Sidak) di tiga pasar besar di Kota Tangerang.

Kepala DKP Kota Tangerang Muhdorun mengatakan, sidak kali ini menggandeng Dinas Kesehatan (Dinkes) guna memastikan keamanan produk yang dikonsumsi warga Kota Tangerang, selain menjamin ketersedian stok bahan pangan segar.

Dari hasil sidak, terdapat lima sampel positif formalin atau boraks dari 62 sampel yang diambil di Pasar Malabar, Kecamatan Cibodas dengan tingkat pengawasan sebesar 91,94 persen.

Sementara di Pasar Ramadhani, Kecamatan Karawaci memiliki tingkat pengawasan 96,1 persen dari 51 sampel, terdapa dua diantaranya positif formalin atau boraks. Begitu pula di pasar Green Lake City, Kecamatan Cipondoh tingkat pengawasannya 91 persen dari 67 sampel dan enam diantaranya positif formalin dan boraks.

"Sampel yang terindikasi positif formalin atau boraks ialah mie kuning basah, tahu putih, tahu dan cokelat," ungkap Muhdorun pada Senin, 18 Desember 2023.

Di sisi lain, Kepala Dinkes Kota Tangerang dr Dini Anggraeni meminta agar masyarakat turut berpartisipasi dalam pengawasan bahan pangan dengan menjadi konsumen cerdas melalui pengecekan kemasan, label, izin edar, kadaluwarsa, serta tidak tertarik dengan warna-warna atau bentuk yang berlebihan.

"Konsumen harus terus aktif memeriksa secara mandiri terhadap makanan yang hendak dikonsumsi," kata Dini.

Sebagai informasi, sidak keamanan pangan akan terus berlangsung di seluruh pasar di Kota Tangerang. Terkait kewaspadaan secara mandiri, masyarakat dapat memanfaatkan Pojok Uji Keamanan Pangan Segar yang tersebar di 17 pasar tradisional dan 4 supermarket di Kota Tangerang.

KOTA TANGERANG
3 Polisi di Tangerang Dipecat, 2 Terlibat Narkoba 1 Telantarkan Anak dan Istri

3 Polisi di Tangerang Dipecat, 2 Terlibat Narkoba 1 Telantarkan Anak dan Istri

Selasa, 30 April 2024 | 23:43

Polres Metro Tangerang Kota, Polda Metro Jaya memberhentikan tiga anggotanya dengan tidak hormat (PTDH) lantaran melanggar kode etik profesi Polri (KKEP), Selasa 30 April 2024.

BANTEN
Tanggapi Komentar Miring Soal Cak Imin, PKB Banten Suruh Gus Ipul Buat Partai Sendiri

Tanggapi Komentar Miring Soal Cak Imin, PKB Banten Suruh Gus Ipul Buat Partai Sendiri

Selasa, 30 April 2024 | 00:46

Ketua DPW Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Banten Ahmad Fauzi menanggapi sikap Gus Syaifullah Yusuf (Ipul) yang kerap bersuara miring akan kepemimpinan Gus Muhaimin Iskandar (Cak Imin) di partai tersebut.

KAB. TANGERANG
Bikin Resah, 16 PMKS di Kabupaten Tangerang Dirazia Satpol PP

Bikin Resah, 16 PMKS di Kabupaten Tangerang Dirazia Satpol PP

Selasa, 30 April 2024 | 18:28

Sebanyak 16 Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) yang kerap berkeliaran di wilayah Kabupaten Tangerang dirazia aparat Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP).

HIBURAN
Raisa Bakal Rilis Film Dokumenter, Ini Jadwal Tayangnya 

Raisa Bakal Rilis Film Dokumenter, Ini Jadwal Tayangnya 

Selasa, 30 April 2024 | 08:18

Musisi cantik Raisa Andriana bakal merilis film dokumenter bertajuk "Harta, Tahta, Raisa".

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill