Connect With Us

Bukan Tabur Garam, BPBD Kota Tangerang Beri Tips Cegah Ular Masuk Rumah saat Musim Hujan

Fahrul Dwi Putra | Senin, 8 Januari 2024 | 21:13

Proses evakuasi ular sanca di Gang Kancil, Kelurahan Nerogtog, Kecamatan Pinang, Kota Tangerang, dikejutkan dengan penemuan ular sanca pada Minggu, 05 November 2023. (@TangerangNews / Istimewa )

TANGERANGNEWS.com- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tangerang mencatat sebanyak 17 laporan warga terkait kemuculan ular di pekarangan rumahnya selama musim hujan sejak Desember 2023.

Masifnya kemunculan ular-ular tersebut seiring dengan meningkatnya volume air akibat curah hujan tinggi, baik di tanah maupun permukaan sehingga hewan tanah seperti ular atau cacing tanah akan keluar karena tempat tinggalnya digenangi air.

"Selain itu, pada awal musim hujan merupakan musim telur ular menetas baik ular berbisa maupun ular biasa," jelas Kepala BPBD Kota Tangerang Maryono Hasan pada Senin, 8 Januari 2024.

Terkait hal itu, Maryono memberikan tips sederhana guna mencegah ular masuk ke dalam rumah. Misalnya saja, selalu menjaga rumah dalam keadaan bersih, kemudian hindari tumpukan barang bekas yang berpotensi menjadi tempat tinggal ular.

Masyarakat juga diimbau agar lebih rutin membuang sampah agar tidak memicu datangnya tikus yang merupakan makanan ular. Lalu, pastikan sinar matahari masuk ke dalam rumah, ventilasi ruangan bagus, sirkulasi udara baik sehingga tidak ada kelembapan yang disukai ular. 

"Tidak perlu menabur garam, karena garam tidak akan efektif. Jika ternyata di rumah ditemukan ular jangan panik, tetap waspada dan laporkan ke tim BPBD untuk mengevakuasi secara aman," pungkasnya.

SPORT
Turnamen Voli PLN Mobile Proliga 2024 Resmi Dimulai

Turnamen Voli PLN Mobile Proliga 2024 Resmi Dimulai

Sabtu, 27 April 2024 | 18:58

Salah satu turnamen voli paling bergengsi, PLN Mobile Proliga 2024 resmi dimulai, di GOR Amongrogo, Yogyakarta pada Kamis, 25 April 2024.

KAB. TANGERANG
Usai Lebaran, 1.274 Pendatang Masuk ke Kabupaten Tangerang

Usai Lebaran, 1.274 Pendatang Masuk ke Kabupaten Tangerang

Jumat, 26 April 2024 | 22:48

Usai Lebaran 2024. sebanyak 1.274 jiwa penduduk baru tercatat datang ke wilayah Kabupaten Tangerang.

BISNIS
Kota Tangerang Buka Pintu Jika Apple Investasi di Indonesia 

Kota Tangerang Buka Pintu Jika Apple Investasi di Indonesia 

Rabu, 24 April 2024 | 09:53

Pemerintah pusat tengah menjalankan rencana strategis bersama salah satu perusahaan teknologi terbesar di dunia, Apple.

BANTEN
Tol Tangerang-Merak Dilebarkan Jadi 3 Lajur dari Serang Barat hingga Cilegon Timur

Tol Tangerang-Merak Dilebarkan Jadi 3 Lajur dari Serang Barat hingga Cilegon Timur

Jumat, 26 April 2024 | 18:55

Astra Infra Toll Road Tangerang-Merak pada tahun ini melakukan pekerjaan proyek konstruksi penambahan lajur ketiga, pada segmen Serang Barat (KM 77+375) sampai dengan Cilegon Timur (KM 87+150).

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill