Connect With Us

Umur TPA Rawa Kucing Sisa Satu Tahun Lagi, Ini Upaya DLH Kurangi Sampah di Kota Tangerang 

Advertorial | Rabu, 15 Mei 2024 | 10:58

Pj Wali Kota Tangerang Nurdin meninjau pengelolaan sampah. (@TangerangNews / Istimewa)

TANGERANGNEWS.com- Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Rawa Kucing disebut tidak lagi berumur panjang, yakni kurang lebih tersisa satu tahun lagi. Pasalnya, TPA Rawa Kucing per harinya menampung volume sampah mencapai 1.500 ton.

Untuk itu, perlu strategi lebih lanjut terkait pengelolaan sampah untuk mengurangi sampah yang masuk ke TPA.

"Salah satunya ialah diperlukannya peran serta masyarakat untuk melakukan praktik pemilahan sampah di rumah, pengurangan penggunaan plastik, dan penggunaan kantong belanja ramah lingkungan," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Tangerang Tihar Sophian.

Menurutnya, aturan ini sebagaimana termaktub dalam Perwal No 102 tahun 2023 tentang Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Sampah Rumah Tangga.

Pemilahan sampah dapat dikelompokkan menjadi lima jenis. Antara lain sampah atau limbah berbahaya, sampah mudah terurai, sampah yang dapat digunakan kembali, sampah daur ulang, dan sampah lainnya.

Selain itu, Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang perlu melakukan pembatasan penggunaan kantong plastik seperti larangan penggunaan kantong plastik dan menekankan penggunaan kantong belanja ramah lingkungan di pusat perbelanjaan, pasar rakyat, toko swalayan, dan restoran.

"Saat ini, hanya terdapat 94 bank sampah aktif, 7 lokasi TPS 3R, dan 1 ITF atau pengolahan sampah dengan teknologi menggunakan maggot jenis Black Soldier Fly," paparnya.

Oleh karenanya, harus dilakukan pembentukan bank sampah atau Kampung Iklim di 1.060 RW. Kemudian pembangunan TPS 3R di 104 kelurahan, dan pembangunan ITF/SPA/PDU/POO/TPST di 13 kecamatan.

Ia menegaskan, masyarakat juga didorong agar terlibat aktif, mulai dari memilah sampah baik organik, anorganik, dan sampah spesifik, melakukan pengomposan, mengurangi penggunaan plastik sekali pakai, menggunakan kantong belanja yang dapat digunakan berkali-kali, sedekah sampah, hingga less waste event.

"Ke depannya diberlakukan juga rencana pengangkutan sampah yang sudah terpilah tersebut menggunakan armada truk pengangkut terpilah," kata Tihar.

Upaya-upaya dan langkah pengolahan tersebut dilakukan untuk mengurangi volume sampah di Kota Tangerang guna memperpanjang umur TPA Rawa Kucing.

KOTA TANGERANG
Bacok Pemuda di Kreo Tangerang hingga Tewas, 2 Pelaku Tawuran Diciduk

Bacok Pemuda di Kreo Tangerang hingga Tewas, 2 Pelaku Tawuran Diciduk

Selasa, 28 Mei 2024 | 21:08

Polisi berhasil menangkap pelaku pembacokan terhadap ASS, 21, yang meninggal dunia dalam tawuran antar kelompok pemuda di Jalan Kejaksaan, Kelurahan Kreo, Kecamatan Larangan, Kota Tangerang, pada Kamis, 23 Mei 2024.

PROPERTI
Sepak Terjang Modernland Hadirkan Hunian Berfasilitas Lengkap di Tangerang 

Sepak Terjang Modernland Hadirkan Hunian Berfasilitas Lengkap di Tangerang 

Selasa, 28 Mei 2024 | 21:31

Wilayah Tangerang menjadi pilihan utama untuk membeli rumah karena dekat dengan Jakarta dan memiliki banyak fasilitas seperti commuter line, jalan tol, dan pusat perbelanjaan.

NASIONAL
SIM C1 Khusus untuk Motor 250 CC Resmi Berlaku di Seluruh Indonesia

SIM C1 Khusus untuk Motor 250 CC Resmi Berlaku di Seluruh Indonesia

Selasa, 28 Mei 2024 | 14:23

Surat Izin Mengemudi (SIM) golongan C1 untuk sepeda motor 250-500 CC resmi mulai berlaku di seluruh Indonesia.

KAB. TANGERANG
KPU Kabupaten Tangerang Lantik 822 Petugas PPS Pilkada 2024

KPU Kabupaten Tangerang Lantik 822 Petugas PPS Pilkada 2024

Senin, 27 Mei 2024 | 00:41

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tangerang melakukan Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Janji kepada 822 petugas Panitia Pemungutan Suara (PPS) Pilkada 2024, Minggu 26 Mei 2024.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill