Connect With Us

Beda Tanggapan Capres-cawapres Usai Putusan MK Hasil Pilpres 2024, Cak Imin: Kami Tak Kuasa 

Fahrul Dwi Putra | Selasa, 23 April 2024 | 08:50

Capres peserta Pilpres 2024, Ganjar Pranowo (kiri), Prabowo Subianto (tengah), Anies Baswedan (kanan). (@TangerangNews / Istimewa)

TANGERANGNEWS.com- Mahkamah Konstitusi (MK) resmi menolak permohonan sengketa hasil Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024 yang diajukan oleh pasangan calon (Paslon) 01 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan paslon 03 Ganjar Pranowo-Mahfud Md.

Sidang pengucapan putusan sengketa hasil Pilpres 2024 itu digelar di Gedung MK, Jalan Medan Merdeka Barat, Senin, 22 April 2024, dimulai sekira pukul 09.00 WIB.

Dalam putusannya, MK menolak seluruh dalil permohonan dari Paslon 01 dan 03, termasuk salah satunya terkait diskualifikasi paslon 02 dan atau keterlibatan cawe-cawe Presiden Joko Widodo dalam hasil Pilpres 2024.

Hakim menegaskan, dalil yang disampaikan tersebut tidak beralasan menurut hukum.

"Menolak permohonan pemohon untuk seluruhnya," ujar Ketua MK Suhartoyo.

Usai putusan tersebut, para paslon capres-cawapres pun memberikan reaksi berbeda-beda.

Paslon 01, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar segera membuat video konferensi pers yang diunggah di akun Instagram pribadinya.

Dalam video tersebut, cawapres 01 Muhaimin Iskandar alias Cak Imin memberikan pernyataan menohok terkait lemahnya demokrasi di Indonesia.

"Putusan ini mengkonfirmasi bahwa kita semua termasuk MK tak kuasa menghentikan laju pelemahan demokrasi," ujar Cak Imin dikutip Selasa, 23 April 2024.

Senada, capres 01 Anies Baswedan menegaskan agar masyarakat dapat ikut mengawal jalannya demokrasi di Indonesia agar sesuai dengan amanat reformasi.

"Kita semua harus terus bekerja, harus terus merangkul dan memperkuat masyarakat kita agar dalam proses demokrasi masyarakat kita bisa kebal terhadap imbalan-imbalan atau ancaman," jelas Anies.

Kendati begitu, Paslon 01 menyatakan menerima dan menghormati keputusan MK sebagai keputusan yang mengikat. Keduanya pun berkomitmen akan terus membersamai pendukungnya dalam gerakan perubahan.

Sementara itu, Paslon 03 memberikan reaksi sedikit berbeda. Capres 03 Ganjar Pranowo hanya memberikan ucapan selamat di akun Instagram pribadinya.

"Selamat kepada Presiden dan Wakil Presiden terpilih. Mari terus lanjutkan perjuangan yang terbaik untuk Indonesia dan jadilah pemimpin tanpa tebang pilih," tulis Ganjar.

Di sisi lain, cawapres 03 Mahfud MD membuat video konferensi pers dan terlihat tanpa didampingi oleh capresnya.

Dalam pernyataannya, Mahfud menganggap sidang MK sebagai panggung teater perdebatan hukum dalam bernegara dan bermutu di tingkat dunia.

"Itu sebabnya begitu diputus, kita katakan kita terima," imbuh Mahfud.

Sedangkan, Paslon capres-cawapres terpilih dari nomor urut 02 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka tampak tidak memberikan banyak tanggapan.

Prabowo melalui akun Instagram pribadinya hanya mengunggah foto bendera Merah Putih yang berkibar tanpa sepatah kata. Sementara, Gibran mengunggah foto wajah dirinya dengan ekspresi lucu yang ditambahkan musik Ahhhh dari The Milkers. "Gimana bang," singkat Gibran.

BISNIS
Kembangkan Usaha Nasabah Inkulsi, BTPM Syariah Libatkan Mahasiswa Program Kampus Merdeka

Kembangkan Usaha Nasabah Inkulsi, BTPM Syariah Libatkan Mahasiswa Program Kampus Merdeka

Jumat, 3 Mei 2024 | 19:06

Mengawali 2024, kinerja BTPN Syariah tetap terjaga. Hal ini tak lepas dari upaya Bank yang selektif dalam menyalurkan pembiayaan serta program pendampingan yang semakin intensif ke masyarakat inklusi.

HIBURAN
Beda Agama, Ketua MUI Sebut Pernikahan Rizky Febian dan Mahalini Tidak Sah

Beda Agama, Ketua MUI Sebut Pernikahan Rizky Febian dan Mahalini Tidak Sah

Sabtu, 4 Mei 2024 | 09:28

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Cholil Nafis mengomentari pernikahan beda agama antara pasangan musisi Rizky Febian dengan Mahalini.

MANCANEGARA
Butuh Hiburan? Coba Kunjungi 5 Tempat Paling Lucu di Dunia 

Butuh Hiburan? Coba Kunjungi 5 Tempat Paling Lucu di Dunia 

Jumat, 3 Mei 2024 | 09:51

Tertawa adalah salah satu reaksi alamiah manusia. Biasanya dipicu karena peristiwa atau kejadian lucu sesuai dengan selera humor masing-masing Individu.

NASIONAL
Rekomendasi Pilihan Oleh-oleh Haji, Bisa Dibeli di Tanah Air!

Rekomendasi Pilihan Oleh-oleh Haji, Bisa Dibeli di Tanah Air!

Jumat, 3 Mei 2024 | 18:02

Bagi umat Muslim, menunaikan ibadah haji adalah salah satu kewajiban agama yang sangat diidamkan. Selain menjadi momen spiritual yang mendalam,

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill