Connect With Us

Jokowi Sebut Potensi Ekosistem Kendaraan Listrik di Indonesia, PLN Siap Dukung

Fahrul Dwi Putra | Sabtu, 4 Mei 2024 | 13:18

Presiden Jokowi saat mengunjungi Booth PT PLN (Persero) dalam Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2024, di JIExpo Kemayoran, Jumat, 3 Mei 2024. (@TangerangNews / Istimewa)

TANGERANGNEWS.com- Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut adanya potensi terbentuknya industri ekosistem kendaraan listrik di Indonesia.

Hal itu dikatakan Jokowi saat mengunjungi Booth PT PLN (Persero) dalam Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2024, di JIExpo Kemayoran, Jumat, 3 Mei 2024.

"Saya melihat ada banyak jenis kendaraan, mulai dari sepeda motor hingga mobil, bahkan bus dan truk juga ada. Misalnya, untuk kendaraan bermotor listrik, kapasitas produksi kita adalah 1,6 juta per tahun. Saat ini, yang telah diproduksi di sini baru sekitar 100 ribu, menunjukkan masih ada peluang besar untuk pengembangan lebih lanjut," ujar Jokowi.

Jokowi juga menekankan pentingnya pengembangan industri pendukung untuk mendukung ekosistem kendaraan listrik, dengan target utama saat ini adalah pembangunan pabrik baterai. 

"Sekarang untuk sepeda motor listrik yang berproduksi di sini sudah 59 pabrik. Bangunan besar ekosistem EV ini betul-betul harus kita jaga, jangan sampai ada hambatan-hambatan," tambahnya.

Menanggapi itu, Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo menyampaikan kesiapan PLN untuk mendukung pengembangan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia.

Darmawan memastikan PLN akan mendukung langkah-langkah Pemerintah dalam membangun ekosistem EV, dengan pembangunan infrastruktur kendaraan listrik seperti charging station yang tersebar di berbagai daerah.

Hingga saat ini, PLN telah menyediakan banyak fasilitas, termasuk 1.370 unit Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU), 9.886 Stasiun Pengisian Listrik Umum (SPLU), dan 2.182 Stasiun Penukaran Baterai Listrik Umum (SPBKLU). 

"PLN juga berinovasi mengembangkan 2.000 unit SPKLU pada tiang listrik (Pole Mounted) yang tersebar di seluruh Indonesia," jelas Darmawan.

PLN juga telah menghadirkan fitur EV Digital Services (EVDS) di Super Apps PLN Mobile, yang memudahkan pengguna EV dalam menemukan charging station terdekat, mengajukan pemasangan home charging, berbelanja EV, hingga merencanakan perjalanan jauh. 

Seperti diketahui, bahwa PLN telah menyediakan SPKLU di setiap rest area tol di jalur mudik, menanggapi meningkatnya minat masyarakat untuk menggunakan kendaraan listrik.

Selama periode arus mudik dan arus balik libur lebaran tahun 2024, terjadi peningkatan signifikan dalam jumlah transaksi di SPKLU, mencapai 11.377 transaksi atau meningkat 5 kali lipat dibandingkan tahun sebelumnya. 

Menurut Darmawan, Ini menunjukkan bahwa minat masyarakat terhadap kendaraan listrik semakin meningkat, dan PLN siap menjawab kebutuhan tersebut dengan menyediakan fasilitas yang diperlukan.

"Tingginya animo masyarakat tercermin dari meningkatnya jumlah transaksi dan konsumsi listrik SPKLU," pungkas Darmawan. 

WISATA
Manjakan Diri dengan Fasilitas Baru Novotel Tangerang

Manjakan Diri dengan Fasilitas Baru Novotel Tangerang

Rabu, 15 Mei 2024 | 19:10

Novotel Tangerang, sebagai salah satu hotel bertaraf internasional yang menawarkan banyak program dan fasilitas menarik telah resmi memiliki fasilitas baru di antaranya gym, sauna, dan kids club.

SPORT
Tingginya Nyaris 2 Meter, Tim Voli Jakarta Electric PLN Datangkan Marina Markova

Tingginya Nyaris 2 Meter, Tim Voli Jakarta Electric PLN Datangkan Marina Markova

Selasa, 14 Mei 2024 | 16:51

Tim bola voli putri Jakarta Electric PLN merekrut bintang muda voli dunia, Marina Markova, untuk memperkuat tim dalam lanjutan PLN Mobile Proliga 2024. Pemain dengan tinggi hampir 2 meter itu akan mengisi posisi lini serang tim.

TANGSEL
KPU Tangsel Lantik 35 Anggota PPK untuk Pilkada 2024

KPU Tangsel Lantik 35 Anggota PPK untuk Pilkada 2024

Jumat, 17 Mei 2024 | 16:06

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) melantik 35 Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK).

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill