Connect With Us

Dukung Usaha Ternak, PLN Sambung Listrik Kandang Ayam di Lebak Banten 

Fahrul Dwi Putra | Rabu, 8 Mei 2024 | 20:18

PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Banten Selatan melakukan penyambungan listrik di kandang ayam milik Topik Sumantri di Kampung Tegalsari, Desa Wantisari, Kecamatan Leuwidamar, Kabupaten Lebak, Banten, Rabu, 8 Mei 2024. (@TangerangNews / Istimewa)

TANGERANGNEWS.com- PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Banten kembali meluncurkan program Electrifying Agriculture (EA) untuk para pelaku usaha peternak ayam di Kabupaten Lebak. 

Melalui PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Banten Selatan, kandang ayam milik Topik Sumantri di Kampung Tegalsari, Desa Wantisari, Kecamatan Leuwidamar, Kabupaten Lebak, Banten, Rabu, 8 Mei 2024.

Kandang milik Topik kini telah berhasil tersambung dengan daya listrik sebesar 147.000 volt-ampere (VA).

Saat ini, sudah ada 64 pelanggan peternakan ayam di Kabupaten Lebak dengan total daya tersambung mencapai 11.783.200 VA. 

Penyambungan listrik ini dilakukan guna menjaga suhu tubuh ayam sebagai kunci keberhasilan dalam mengelola peternakan, khususnya ternak ayam.

Pengusaha Ternak Ayam, Topik Sumantri sendiri menyatakan, dirinya mendapat rekomendasi dari peternak senior untuk menggunakan listrik dari PLN daripada mengandalkan genset lantaran lebih efisien dan andal.

Topik mengaku menggunakan aplikasi PLN Mobile untuk proses permohonan dan pembayaran. Tak butuh waktu lama, listrik di usah ternak miliknya sudah menyala. 

"Prosesnya cepat, mudah, dan praktis. Saya terkejut bahwa dua minggu sejak saya melakukan pembayaran listrik sudah menyala," ungkapnya.

Assistant Manager Pemasaran dan Pelayanan Pelanggan PLN UP3 Banten Selatan Santi Sopiani mengatakan, kepuasan pelanggan adalah prioritas utama terkait Program EA. Ia berkomitmen untuk terus mensosialisasikan program ini kepada para stakeholder agar peternak dan petani dapat mengurangi biaya operasionalnya, terutama yang masih menggunakan genset.

Sementara itu, General Manager PLN UID Banten Abdul Mukhlis menjelaskan, Program EA tidak hanya mengoptimalkan biaya produksi bagi petani, tetapi juga membantu mengurangi emisi yang dihasilkan oleh genset. 

Untuk itu, ia mendorong seluruh personel PLN UID Banten untuk mempercepat penyambungan listrik di sektor peternakan dan pertanian. Mukhlis juga mengapresiasi peran Srikandi PLN dalam program ini.

"Dan untuk para Srikandi seperti bu Santi Sopiani dan lainnya saya harap terus dapat meningkatkan kualitas pelayanan kita kepada masyarakat," pungkasnya.

MANCANEGARA
Pria di Nigeria Nekat Bakar Masjid Gegara Masalah Warisan, 11 Orang Tewas

Pria di Nigeria Nekat Bakar Masjid Gegara Masalah Warisan, 11 Orang Tewas

Jumat, 17 Mei 2024 | 12:43

Sebanyak 11 orang jemaah dinyatakan tewas dan puluhan lainnya luka-luka dalam aksi pembakaran masjid yang dilakukan oleh seorang pria di negara bagian Kano, Nigeria Utara.

NASIONAL
Sambut KTT WWF ke-10, PLN Gelar Apel Siaga Kelistrikan

Sambut KTT WWF ke-10, PLN Gelar Apel Siaga Kelistrikan

Sabtu, 18 Mei 2024 | 14:03

PT PLN (Persero) menggelar Apel Siaga Kelistrikan di kantor PLN Unit Induk Distribusi (UID) Bali pada Jumat, 17 Mei 2024.

BANDARA
Bandara Soetta Gandeng ACI Tingkatkan Standar Keselamatan Lewat Program APEX in Safety

Bandara Soetta Gandeng ACI Tingkatkan Standar Keselamatan Lewat Program APEX in Safety

Senin, 13 Mei 2024 | 19:32

Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) bermitra dengan Airport Council International (ACI) menggelar kegiatan Airport Excellence (APEX) in Safety pada 13 - 17 Mei 2024.

TANGSEL
Badan Pesawat Jatuh di BSD Tangsel Akan Dievakuasi KNKT

Badan Pesawat Jatuh di BSD Tangsel Akan Dievakuasi KNKT

Minggu, 19 Mei 2024 | 21:33

Evakuasi badan pesawat latih yang jatuh di Lapangan Sunburst BSD, Serpong, Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Minggu 19 Mei 2024. akan dilakukan oleh Komite Nasional Keselamatan Tranportasi (KNKT).

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill