Connect With Us

Pesisir Pantura Tangerang Diprediksi Tenggelam 2030

Fahrul Dwi Putra | Sabtu, 22 Oktober 2022 | 14:28

Lembaga nirlaba, Climate Central mendeteksi sejumlah wilayah di kawasan Pantai Utara (Pantura), Jawa, diprediksi tenggelam pada tahun 2030. (Istimewa / Istimewa)

TANGERANGNEWS.com-Lembaga nirlaba, Climate Central mendeteksi sejumlah wilayah di kawasan Pantai Utara (Pantura), Jawa, termasuk Kabupaten Tangerang hingga Jakarta Utara diprediksi tenggelam atau terendam air pasang laut. 

Menurut peta interaktif Climate Central, terlihat bahwa daerah-daerah Pantura tersebut berada di bawah pasang air laut dan luasannya kian bertambah.

Laman Climate Central menunjukkan tanda merah sebagai kondisi di bawah permukaan laut atau below annual flood level, terlihat peta itu juga melihat proyeksi berdasarkan tahun, level air, tempratur dan lainnya.

Wilayah tersebut terprediksi tenggelam di tahun 2030-3060 termasuk di sisi timur kawasan Muara Gembong Kabupaten Bekasi yang hampir seluruhnya sudah tanda merah.

Pengamat Tata Kelola Kota dari Universitas Pakuan (Unpak) Budi Arief menjelaskan, sejarah menunjukkan aspek tata kota dari pembangunan wilayah Jawa Barat dulunya memang dimulai dari Pantura sebagai wilayah pemukiman dan pusat pertumbuhan.

"Nah bicara tata kota, masing-masing kota punya daya tampung lingkungan. Dan ada pengaruh iklim juga. Dan yang jelas, seharusnya, pembangunan perkotaan memang harus menerapkan buffer zone," kata Budi seperti dikutip dari cnbcindonesia.com, Sabtu, 22 Oktober 2022.

Budi menambahkan, sementara wilayah Selatan Jawa dibangun untuk pertanian dan perkebunan.

"Ini wajib untuk wilayah sekitar pantai, sekian meter tidak boleh ada pembangunan. Tapi, saya lihat memang, ini belum diterapkan di sepanjang Pantura," pungkasnya.

BANDARA
Mahasiswi Korsel Kepergok Selundupkan 94 Reptil di Bandara Soetta

Mahasiswi Korsel Kepergok Selundupkan 94 Reptil di Bandara Soetta

Jumat, 19 Juli 2024 | 19:28

Seorang mahasiswa asal Korea Selatan (Korsel) ditangkap karena berupaya menyelundupkan sebanyak 94 ekor reptil dari Indonesia ke negara asalnya, melalui Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta (Soetta), Kota Tangerang.

KAB. TANGERANG
PLN Pastikan Pasokan Listrik Aman untuk GIIAS 2024 di ICE BSD Tangerang 

PLN Pastikan Pasokan Listrik Aman untuk GIIAS 2024 di ICE BSD Tangerang 

Sabtu, 20 Juli 2024 | 11:21

PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Banten, melalui Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Serpong, berhasil menyediakan pasokan listrik tanpa gangguan (zero down time) pada acara pembukaan GIIAS 2024

TOKOH
Jadi Calon Wali Kota Tangerang di Pilkada 2024, Ini Biodata dan Profil Faldo Maldini 

Jadi Calon Wali Kota Tangerang di Pilkada 2024, Ini Biodata dan Profil Faldo Maldini 

Selasa, 2 Juli 2024 | 10:45

Sejumlah partai politik telah menyodorkan calon yang akan diusung dalam kontestasi Pilkada serentak 2024 mendatang, salah satunya ialah sosok Faldo Maldini.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill