Connect With Us

Pemkab Tangerang Ingatkan Pemilik Bangunan Paham Standar Teknis

Fahrul Dwi Putra | Kamis, 23 November 2023 | 04:17

Bimtek Penilik Bangunan yang digelar secara distance learning di Ruang Rapat Cituis Lantai 5 Kantor Bupati Tangerang, Rabu, 22 November 2023. (@TangerangNews / Fahrul Dwi Putra )

TANGERANGNEWS.com- Dalam rangka meningkatkan pemahaman dan pengetahuan tentang regulasi, standar teknis dan penerapan teknologi dalam pembangunan gedung, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang menggelar bimbingan teknis (bimtek) penilik bangunan.

Seperti diketahui, penilik bangunan atau building inspector merupakan orang berkompeten yang diberi tugas oleh pemerintah melakukan inspeksi terhadap penyelenggaraan bangunan gedung agar sesuai dengan persyaratan bangunan gedung. 

Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan, Politik dan Hukum pada Sekretariat Daerah Prima Saras Puspa mengatakan, penilik bangunan memiliki peranan penting dalam memastikan keamanan, keselamatan dan kesehatan dari pengguna atau pemilik bangunan.

"Penilik bangunan gedung eksistensi dan perannya perlu ditingkatkan agar memiliki pemahaman dan pengetahuan yang mendalam," katanya dalam bimtek yang digelar secara distance learning di Ruang Rapat Cituis Lantai 5 Kantor Bupati Tangerang, Rabu, 22 November 2023.

Oleh karena itu, kegiatan bimtek penilik bangunan penting agar meningkatkan sumber daya manusia khususnya di lingkungan Dinas Tata Ruang dan Bangunan Kabupaten Tangerang. 

Harapannya, setelah kegiatan bimtek ini digelar para penilik bangunan mampu menguasai dan mengaplikasikan dengan baik tugasnya dalam hal pemeriksaan teknis bangunan. 

Sementara itu, Sekretaris Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Hadiyanto menuturkan, bimtek ini merupakan hasil kerja sama dengan berbagai pihak, antara lain Pusat Pengembangan Kompetensi Sumber Daya Air dan Permukiman Kementerian PUPR dan Balai Pengembangan Kompetensi PUPR Wilayah IX Jayapura.

Adapun pelatihan diikuti oleh total 40 peserta yang terdiri dari 36 Pegawai Negeri Sipil (PNS) Dinas Tata Ruang dan 4 orang Dinas Perumahan dan Permukiman.

Waktu pelaksanaan bimtek penilik bangunan ini berlangsung selama tiga hari atau sebanyak 24 jam pelatihan.

"Bagi peserta yang dapat mengikuti bimbingan teknis penilik bangunan Gedung dengan baik akan diberikan Sertifikat" tuturnya.

Sebagai informasi, bimtek penilik bangunan digelar berdasarkan PP Nomor 17 Tahun 2020 tentang Manajemen PNS dan PP Nomor 49 Tahun 2018 tentang Manajemen PPPK serta Peraturan Bupati Tangerang Nomor 138 Tahun 2021 tentang pengembangan kompetensi PNS di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Tangerang.

PROPERTI
Jadi Pusat Otomotif di Gading Serpong Tangerang, BEZ Auto Center Diluncurkan 

Jadi Pusat Otomotif di Gading Serpong Tangerang, BEZ Auto Center Diluncurkan 

Kamis, 13 Juni 2024 | 20:35

Pusat otomotif terpadu BEZ Auto Center besutan Paramount Land, yang berlokasi di Illago Grande, Gading Serpong, resmi diluncurkan pada Selasa, 11 Juni 2024.

KAB. TANGERANG
Jangan Abai, Dokter Tangerang Jelaskan Krusialnya Penanganan 60 Menit Pertama Serangan Jantung 

Jangan Abai, Dokter Tangerang Jelaskan Krusialnya Penanganan 60 Menit Pertama Serangan Jantung 

Jumat, 14 Juni 2024 | 19:29

Penyakit jantung merupakan salah satu penyebab utama kematian di dunia, terutama di kalangan usia produktif.

TEKNO
Jangan Beli Infinix Note 40 Sebelum Baca 11 Fitur Unggulannya, Nomor 6 Mirip iPhone 

Jangan Beli Infinix Note 40 Sebelum Baca 11 Fitur Unggulannya, Nomor 6 Mirip iPhone 

Selasa, 11 Juni 2024 | 10:27

Infinix Note 40 menjadi merupakan salah satu seri ponsel terbaru dari Infinix, Note 40 menawarkan sejumlah fitur menarik yang meningkatkan produktivitas dan kenyamanan penggunaan.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill