Connect With Us

DPRD Kota Tangerang Dorong Pemkot Bangun Sarana Utilitas

Achmad Irfan Fauzi | Selasa, 18 Januari 2022 | 12:00

Anggota Komisi IV DPRD Kota Tangerang Apanudin (@TangerangNews / Achmad Irfan Fauzi )

TANGERANGNEWS.com-Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Tangerang menyoroti banyaknya galian di sejumlah titik yang memicu kesemerawutan. Utamanya galian yang menggunakan bahu jalan, Rabu, 19 Januari 2022.

Anggota Komisi IV DPRD Kota Tangerang Apanudin menyebut, kegiatan galian seperti misalnya kabel PLN, pipa PGN, jaringan fiber optic, dan beberapa lainnya kerap memicu kesemberawutan.

“Terutama pasca kegiatan (galian), terkadang tidak dilakukan pemadatan dan pembetonan pada bahu jalan oleh pihak yang berkepentingan. Nah, inikan yang menyebabkan kesemberawutan,” ujar Apanudin, di gedung DPRD Kota Tangerang.

Menurut Politisi Partai Gerindra ini, galian kabel PLN, pipa PGN dan fiber optic dan lainnya kerap tidak memperhatikan sisi estetika dan kebersihan baik saat pelaksanaan maupun pasca pelaksanaan.

Terkadang, kata dia, material bahu jalan yang dibongkar untuk kepentingan galian, berserakan hingga ke badan jalan. Apalagi, material dari galian dimasukan ke dalam dengan karung dan terkesan ditumpuk secara asal.

“Belum lagi setelah selesai, bahu jalan yang dibongkar tidak dilakukan pemadatan dan pembetonan. Padahal kalau saya lihat galian pipa PT Moya itu sangat rapih, baik saat penggalian maupun setelahnya. Itu sangat bagus, mereka lakukan pembetonan pada bahu jalan yang digali,” ucapnya.

Ia pun menilai, hingga saat ini tidak ada aturan yang jelas untuk meminimalisasi kesemberawutan baik saat pelaksanaan galian maupun pasca pelaksanaan.

Sehingga, pihak yang berkepentingan seakan tidak memiliki beban pasca pelaksanaan kegiatan.

“Aturannya memang belum jelas. Apa sanksinya, juga belum jelas. Nah, kepala daerah kan bisa bikin aturannya, seperti Perwal misalnya. Dalam Perwal kan misalnya nanti ada poin-poin kewajiban yang mengikat kepada pihak yang berkepentingan dalam pelaksanaan galian tersebut,” imbuhnya.

Jalu, sapaan akrab Apanudin, pun membandingkan dengan sistem penataan kota seperti misal di Kota Semarang dan Kota Palembang.

Di dua kota itu, lanjutnya, pemerintah daerah setempat telah membangun sarana utilitas untuk jaringan kabel maupun pipa.

“Pihak eksekutif harusnya menyediakan sarana utilitas seperti di Semarang dan Palembang. Kalau sudah ada sarana utilitas, kan tidak ada lagi galian-galian yang merusak bahu jalan,” imbuhnya.

Atas dasar itu, pihaknya mendorong Pemkot Tangerang untuk menyediakan utilitas guna menyelesaikan permasalahan kesemerawutan akibat adanya galian-galian kabel dan perpipaan.

Meski demikian, Jalu beranggapan hal tersebut bergantung pada keseriusan kepala daerah dalam hal ini Wali Kota.

“Inikan tergantung kebijakan kepala daerah. Mau atau tidak? Meski anggarannya besar, tapi kalau dilakukan secara bertahap tentu bisa saja terwujud,” pungkas Apanudin.

PROPERTI
AMMAIA Ecoforest Hadirkan Hunian Eksklusif Sejuk dan Ramah Lingkungan di Tangerang, Mulai dari Rp1,8 Miliar

AMMAIA Ecoforest Hadirkan Hunian Eksklusif Sejuk dan Ramah Lingkungan di Tangerang, Mulai dari Rp1,8 Miliar

Rabu, 24 April 2024 | 21:36

Astra Land Indonesia (ALI) melalui kerjasama dua developer properti terkemuka Astra Property dan Hongkong Land, menghadirkan kawasan perumahan eksklusif bernama AMMAIA Ecoforest, di kawasan Suvarna Sutera, Cikupa, Kabupaten Tangerang.

OPINI
Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Senin, 15 April 2024 | 12:24

Jagat dunia maya tengah dihebohkan oleh kasus korupsi super besar yang terjadi baru-baru ini, yakni korupsi yang melibatkan suami dari aktris Sandra Dewi, Harvey Moeis, serta Helena Lim sosok yang terkenal sebagai crazy rich Pantai Indah Kapuk (PIK).

KAB. TANGERANG
 Hardiknas 2024, Pemkab Tangerang Salurkan Bantuan Pendidikan Rp875 juta

Hardiknas 2024, Pemkab Tangerang Salurkan Bantuan Pendidikan Rp875 juta

Jumat, 3 Mei 2024 | 00:07

Dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang menyalurkan bantuan untuk pendidikan mencapai Rp875 juta.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill