Connect With Us

Gawat, Ada 92 Narkoba Jenis Baru di Indonesia

Fahrul Dwi Putra | Jumat, 4 Agustus 2023 | 09:54

Ilustrasi Narkoba. (@TangerangNews / Istimewa)

TANGERANGNEWS.com- Sebanyak 92 narkoba jenis baru ditemukan beredar di Indonesia, jumlah tersebut merupakan bagian dari 1.212 narkoba baru di seluruh dunia.

"Sedikitnya ada 1.212 jenis baru narkoba masuk ke dunia. Sementara di Indonesia terdeteksi 92 jenis narkoba yang baru," ungkap Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN), Komjen Pol Petrus Reinhard Golose pada Kamis, 3 Agustus 2023.

Baca Juga: Trend Musik 90-an Picu Ekstasi Kembali Marak Masuk Lewat Bandara Soetta 

Petrus membeberkan, dari jumlah narkoba jenis baru tersebut diketahui produksinya terbuat dari bahan-bahan kimia yang belum terdeteksi dan tidak ada dalam Undang-Undang.

Salah satu dari narkoba jenis baru itu ialah new psychoactive substances (NPS). Melansir dari laman resmi BNN, NPS merupakan NPS adalah jenis narkotika yang dirancang secara khusus menyerupai narkotika yang sudah ada sebelumnya, seperti kokain, ekstasi, dan lain sebagainya.

Penggunaan NPS berisiko menyebabkan kejang, agresi, psikosis akut, ketergantungan, serta masalah kejiwaan seperti paranoid, kecemasan, dan depresi. Efek yang tidak diketahui dengan jelas membuatnya berpotensi menyebabkan keracunan berbahaya. NPS bersifat adiktif dan berbahaya, mirip dengan narkoba yang diatur sebelumnya.

Baca Juga: Kejari Kabupaten Tangerang Musnahkan 390 Gram Sabu dan 150 Botol Obat Kuat 

Mirisnya, Petrus menyebutkan pengguna dari narkoba jenis baru tidak hanya ditemukan pada anak muda, melainkan dari berbagai kalangan lainnya.

"Namun demikian yang memprihatinkan, tidak hanya anak muda mengonsumsi narkoba tapi hampir seluruh kalangan," pungkasnya.

HIBURAN
Parto Patrio Bakal Dioperasi, Sakit Apa?

Parto Patrio Bakal Dioperasi, Sakit Apa?

Kamis, 25 April 2024 | 12:21

Viral di media sosial sebuah video menunjukkan komedian Parto Patrio dilarikan ke rumah sakit menggunakan ambulans.

PROPERTI
AMMAIA Ecoforest Hadirkan Hunian Eksklusif Sejuk dan Ramah Lingkungan di Tangerang, Mulai dari Rp1,8 Miliar

AMMAIA Ecoforest Hadirkan Hunian Eksklusif Sejuk dan Ramah Lingkungan di Tangerang, Mulai dari Rp1,8 Miliar

Rabu, 24 April 2024 | 21:36

Astra Land Indonesia (ALI) melalui kerjasama dua developer properti terkemuka Astra Property dan Hongkong Land, menghadirkan kawasan perumahan eksklusif bernama AMMAIA Ecoforest, di kawasan Suvarna Sutera, Cikupa, Kabupaten Tangerang.

SPORT
Turnamen Voli PLN Mobile Proliga 2024 Resmi Dimulai

Turnamen Voli PLN Mobile Proliga 2024 Resmi Dimulai

Sabtu, 27 April 2024 | 18:58

Salah satu turnamen voli paling bergengsi, PLN Mobile Proliga 2024 resmi dimulai, di GOR Amongrogo, Yogyakarta pada Kamis, 25 April 2024.

OPINI
Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Senin, 15 April 2024 | 12:24

Jagat dunia maya tengah dihebohkan oleh kasus korupsi super besar yang terjadi baru-baru ini, yakni korupsi yang melibatkan suami dari aktris Sandra Dewi, Harvey Moeis, serta Helena Lim sosok yang terkenal sebagai crazy rich Pantai Indah Kapuk (PIK).

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill