Connect With Us

Lonjakan Warga Pendatang Baru Pasca Lebaran di Tangsel, Benyamin: Harus Punya Keterampilan 

Fahrul Dwi Putra | Kamis, 27 April 2023 | 23:09

Pemkot Tangsel menyiapkan langkah antisipasi untuk menghadapi lonjakan urbanisasi pasca Lebaran 2023 (@TangerangNews / Fahrul Dwi Putra)

TANGERANGNEWS.com- Pasca libur nasional dan cuti bersama Lebaran diprediksi akan terjadi lonjakan gelombang urbanisasi atau warga pendatang baru di Tangerang Selatan (Tangsel).

Wali Kota Tangsel, Benyamin Davnie mengatakan, pihaknya telah menyiapkan sejumlah langkah antisipasi, seperti surat edaran, pendataan melalui Sistem pendaftaran penduduk non permanen (Sipermen), dan program Dilatih, Disertifikasi dan Ditempatkan (D3).

"Bahkan kami dari awal Ramadan, kami telah menerbitkan surat edaran ke Camat dan Lurah, yang salah satu isinya bahwa harapan kami sih kalau mudiknya berempat ya pulangnya berempat lagi," ujar Benyamin di Ruang Anggrek Puspemkot, Kecamatan Ciputat, Kota Tangsel pada Kamis, 27 April 2023.

Meski begitu, Benyamin tidak melarang maupun mencegah kedatangan para warga pendatang baru di Tangsel. Tetapi, hendaknya memiliki bekal keterampilan yang berdaya saing.

"Tentu kami harapkan mereka mempunyai keterampilan yang dimiliki," kata Benyamin.

Sebab, jika tidak memiliki kemampuan dikhawatirkan akan menambah angka pengangguran. Oleh karena itu, Pemerintah Kota (Pemkot) Tangsel telah menyiapkan program D3 yang dibuat khusus bagi para pendatang baru yang tidak memiliki cukup keterampilan.

"Kami ada program D3, dan ada sertifikatnya untuk meningkatkan daya saing," ucapnya.

Lanjutnya, Pemkot Tangsel telah memperkirakan sebanyak empat ribu orang bakal mendatangi Tangerang Selatan dalam arus urbanisasi pasca Lebaran 2023.

Benyamin menuturkan, angka ini meningkat 7 hingga 15 persen dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

"Karena banyak juga yang mencari kerjanya di sekitar Tangsel yakni daerah industri seperti di Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang," tuturnya.

Seperti diketahui, wilayah Tangerang Selatan didominasi oleh bentuk usaha di bidang perdagangan dan jasa, sehingga banyak berdiri gedung-gedung kantor ternama.

AYO! TANGERANG CERDAS
Pra-PPDB SMP Kota Tangerang 2024/2025 Dibuka, Ini Alur dan Syarat Pendaftarannya 

Pra-PPDB SMP Kota Tangerang 2024/2025 Dibuka, Ini Alur dan Syarat Pendaftarannya 

Rabu, 17 April 2024 | 09:55

Dinas Pendidikan Kota Tangerang kembali membuka Pra Penerimaan Peserta Didik Baru (Pra-PPDB) untuk tahun ajaran 2024/2025.

OPINI
Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Senin, 15 April 2024 | 12:24

Jagat dunia maya tengah dihebohkan oleh kasus korupsi super besar yang terjadi baru-baru ini, yakni korupsi yang melibatkan suami dari aktris Sandra Dewi, Harvey Moeis, serta Helena Lim sosok yang terkenal sebagai crazy rich Pantai Indah Kapuk (PIK).

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill