Connect With Us

Puskesmas Digratiskan, DPRD Tangsel Minta Tak Asal Pelayanannya

| Selasa, 4 September 2012 | 23:44

RSUD Tangsel sementara. (tangeerangnews / dens)


TANGERANG-Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Tangsel) telah menggratiskan biaya pengobatan di Puskemas. Program tersebut langsung disambut masyarakat kalangan menengah ke bawah pada khususnya.
 
    Saniah (30), warga Serua, Kecamatan Ciputat, merasakan sendiri manfaatnya. Ia senang dengan digratiskannya pengobatan itu. "Sangat senang. Selain meringankan ekonomi, juga membuat kami tidak panik jika ada keluarga sakit seperti sekarang ini," kata Saniah, yang mengantarkan putrinya berobat akibat terkena ispa di Puskesmas Ciputat, Selasa (4/9).
    Menurut Saniah, semua biaya dari pendaftaran hingga obat gratis. "Tidak dimintai uang sama sekali. Hanya diminta KTP saja," lanjutnya. Hal senada juga dikatakan Supardi (29). Dia menyambut baik atas digratiskannya biaya pengobatan di puskesmas. "Senanglah. Ini yang kami tunggu sejak lama," katanya.
   
Wakil Ketua Komisi II DPRD Kota Tangsel Sugeng Santoso mengatakan, program puskesmas gratis yang dijalankan adalah komitmen dalam memberikan pelayanan kepada warga. Agar, warga mendapatkan jaminan kesehatan yang memadai dalam kondisi apa pun. "Setelah Perubahan APBD 2012, wali kota Tangsel berkomitmen untuk menggratiskan puskesmas. Tentunya, demi memberikan persamaan hak kepada warga. Baik miskin, maupun kaya," kata Sugeng.
   
Dengan demikian, lanjut Sugeng, program pelayanan gratis tidak dilakukan dengan cara semena-mena. Dalam hal ini, pegawai di puskesmas memberikan pelayanan seadanya.
 
Atau bahkan, melakukannya dengan setengah hati. "Pelayanan gratis harus dilakukan sepenuh hati. Dalam artian, pasien yang berobat gratis di puskesmas harus dilayani dengan baik dan profesional," tutur politisi Partai Demokrat ini.
    Karena, sambungnya lagi, kewajiban pemerintah adalah memberikan pelayanan dengan baik. Sehingga, apa pun programnya, baik gratis atau berbayar. "Semua orang sakit harus dilayani dengan pelayanan terbaik. Agar semua warga bisa sehat, dan yang sakit bisa cepat sembuh dan bisa kembali beraktivitas dengan baik," jelas Sugeng.

AYO! TANGERANG CERDAS
Buruan Daftar, Lulusan Institut Teknologi PLN Berkesempatan Langsung Kerja di Perusahaan

Buruan Daftar, Lulusan Institut Teknologi PLN Berkesempatan Langsung Kerja di Perusahaan

Jumat, 26 April 2024 | 10:48

Institut Teknologi PLN (ITPLN) menjadi salah satu perguruan tinggi incaran banyak mahasiswa untuk mengembangkan karirnya di masa depan.

KOTA TANGERANG
Berhasil Kelola Transportasi Umum di Tangerang, Arief Dinilai Cocok Pimpin Banten

Berhasil Kelola Transportasi Umum di Tangerang, Arief Dinilai Cocok Pimpin Banten

Sabtu, 27 April 2024 | 22:08

Sosok mantan Wali Kota Tangerang dua periode Arief R Wismansya semakin mendapat dukungan positif menjadi Calon Gubernur Banten.

KAB. TANGERANG
Usai Lebaran, 1.274 Pendatang Masuk ke Kabupaten Tangerang

Usai Lebaran, 1.274 Pendatang Masuk ke Kabupaten Tangerang

Jumat, 26 April 2024 | 22:48

Usai Lebaran 2024. sebanyak 1.274 jiwa penduduk baru tercatat datang ke wilayah Kabupaten Tangerang.

WISATA
Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Jumat, 12 April 2024 | 06:54

Selama libur Lebaran 2024, Kota Tangerang memiliki berbagai tempat yang masih dapat dikunjungi.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill