Connect With Us

28 Paruh Burung Enggang Gading Gagal dibawa ke Tiongkok

RENDY | Sabtu, 23 Agustus 2014 | 10:32

Paruh Burung Enggang (Rangga A Zuliansyah / TangerangNews)

TANGERANG-Sebanyak 28 paruh burung enggang gading gagal dibawa ke Tiongkok di Terminal 2, Bandara Internasional Soekarno-Hatta pada Sabtu (23/08/2014).
 
Penggagalan penyelundupan tersebut dilakukan petugas  Balai Besar Karantina Hewan dan Pertanian, Bandara Soekarno -Hatta, Tangerang, Banten.
 
“Species burung enggang  merupakan satwa yang dilindungi di Indonesia. Kini sudah terancam terus menyusut,” ujar  Kepala Bidang Pengawasan dan Penindakan Balai Besar Karantina Soekarno-Hatta  Zainal Abidin.
 
 
Rencananya paruh burung enggang tersebut, akan diselundupkan ke Tiongkok untuk dijadikan bahan racikan jamu. "Ada 28 paruh burung yang berhasil kami amankan," terang K Zainal Abidin.
 
Zainal mengatakan, pelaku sejak awal memang sudah mencurigakan gerak-geriknya. Karenanya setelah itu  petugas memeriksa barang bawaannya. Setelah dilakukan pemeriksaan,  petugas akhirnya menemukan paruh burung yang disamarkan oleh pemiliknya. 
 
"Kami langsung mengambil organ tubuh hewat tersebut. Karena hewan ini termasuk satwa yang dilindungi, maka langsung kami sita," katanya. 
 
Adapun estimasi  bisa mencapai puluhan juta rupiah. "Tidak bisa diperkirakan kerugian atas upaya penyelundupan ini. Namun harga perseratus gram dijual seharga dua juta rupiah. Ya kisaran puluhan juta," imbuhnya.
 
Upaya ini salah satunya juga tertuang dalam Peraturan Pemerintah No. 7 /1999 tentang Pengawetan Jenis Tumbuhan dan Satwa Dilindungi. “Dan, burung enggang gading merupakan satwa dilindungi yang hingga saat ini keberadaannya nyaris punah akibat perburuan liar,” terangnya.
 
 
TANGSEL
Produksi Tembakau Gorila di Rumah, Pemuda di Larangan Tangerang Ditangkap

Produksi Tembakau Gorila di Rumah, Pemuda di Larangan Tangerang Ditangkap

Sabtu, 27 April 2024 | 15:35

Polsek Ciputat Timur menangkap dua pemuda yang memproduksi dan mengedarkan narkotika golongan 1 jenis tembakau sintetis atau gorila, Sabtu 27 April 2924.

BISNIS
Kota Tangerang Buka Pintu Jika Apple Investasi di Indonesia 

Kota Tangerang Buka Pintu Jika Apple Investasi di Indonesia 

Rabu, 24 April 2024 | 09:53

Pemerintah pusat tengah menjalankan rencana strategis bersama salah satu perusahaan teknologi terbesar di dunia, Apple.

MANCANEGARA
Wow, Di Negara Ini Memeluk Kucing 4 Jam Sehari Bisa Dibayar Rp162 Juta

Wow, Di Negara Ini Memeluk Kucing 4 Jam Sehari Bisa Dibayar Rp162 Juta

Rabu, 24 April 2024 | 10:33

Perusahaan makanan hewan asal Kanada, ACANA bekerja sama dengan organisasi kesejahteraan hewan Best Friends Animal Society membuka lowongan pekerjaan sebagai kitten cuddler.

PROPERTI
AMMAIA Ecoforest Hadirkan Hunian Eksklusif Sejuk dan Ramah Lingkungan di Tangerang, Mulai dari Rp1,8 Miliar

AMMAIA Ecoforest Hadirkan Hunian Eksklusif Sejuk dan Ramah Lingkungan di Tangerang, Mulai dari Rp1,8 Miliar

Rabu, 24 April 2024 | 21:36

Astra Land Indonesia (ALI) melalui kerjasama dua developer properti terkemuka Astra Property dan Hongkong Land, menghadirkan kawasan perumahan eksklusif bernama AMMAIA Ecoforest, di kawasan Suvarna Sutera, Cikupa, Kabupaten Tangerang.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill