Connect With Us

Bikin Pangling, Begini Kondisi Pantai Terkotor di Indonesia Usai Didatangi Pandawara Group

Fahrul Dwi Putra | Sabtu, 17 Juni 2023 | 11:08

Penampakan kondisi pantai Labuan, Banten sebelum dan sesudah dibersihkan (@TangerangNews / Istimewa )

TANGERANGNEWS.com- Kelompok aktivis lingkungan Pandawara Group mengabarkan kondisi terkini Pantai Labuan, Desa Teluk, Kecamatan Labuan, Kabupaten Pandeglang, Banten, yang disebut sebagai pantai terkotor di Indonesia.

Bagaimana tidak, sebelumnya pantai Labuan dipenuhi oleh tumpukan sampah hampir di sepanjang pesisirnya. 

Namun, kondisi tersebut berubah usai Pandawara Group yang beranggotakan Rafli Pasya, 22, Agung Permana, 22, Gilang Rahma, 22, Muchamad Iksan, 21, dan Rifki Sa'dullah, 22, mengajak warga sekitar untuk membersihkan pantai tersebut pada 22 Mei 2023, lalu.

Bekerjasama dengan pemerintah setempat dan warga sekitar, kondisi pantai Labuan berangsur-angsur membaik usai terus dibersihkan.

Tumpukan sampah yang memenuhi area pantai kini tidak lagi terlihat. Bahkan, saat ini telah dipasangi paving block.

Pandawara Group mengucapkan terima kasih kepada seluruh warga sekitar dan pemerintah setempat telah peduli dan ikut turun membantu membersihkan pantai tersebut.

"Upaya hebat yang dilakukan masyarakat setempat dan pemerintah telah menghasilkan progres yang sangat signifikan," ucap Pandawara Group dikutip dari akun Instagram resminya, Sabtu, 17 Juni 2023.

Meski masih terdapat beberapa sampah di bibir pantai. Namun, menurut informasi hal itu memang sengaja dibiarkan sementara guna mengantisipasi abrasi pantai Labuan.

"Perubahan yang cukup signifikan, meskipun belum bisa mencapai titik sempurna karena untuk merubah ini semua sampai titik sempurna butuh waktu, proses, dan biaya yang cukup besar," imbuh Pandawara Group.

Pandawara Group berharap pemerintah dan masyarakat setempat dapat terus bersinergi dalam melestarikan serta menjaga ekosistem laut di pantai Labuan.

"Kami berharap untuk kedepannya semoga pantai teluk Labuan ini bisa menjadi pantai dengan perubahan terbaik yang ada di Indonesia dan tentunya juga bisa menjadi tempat wisata serta menciptakan ekonomi kreatif bagi warga setempat," pungkas Pandawara Group.

MANCANEGARA
Wow, Di Negara Ini Memeluk Kucing 4 Jam Sehari Bisa Dibayar Rp162 Juta

Wow, Di Negara Ini Memeluk Kucing 4 Jam Sehari Bisa Dibayar Rp162 Juta

Rabu, 24 April 2024 | 10:33

Perusahaan makanan hewan asal Kanada, ACANA bekerja sama dengan organisasi kesejahteraan hewan Best Friends Animal Society membuka lowongan pekerjaan sebagai kitten cuddler.

AYO! TANGERANG CERDAS
Buruan Daftar, Lulusan Institut Teknologi PLN Berkesempatan Langsung Kerja di Perusahaan

Buruan Daftar, Lulusan Institut Teknologi PLN Berkesempatan Langsung Kerja di Perusahaan

Jumat, 26 April 2024 | 10:48

Institut Teknologi PLN (ITPLN) menjadi salah satu perguruan tinggi incaran banyak mahasiswa untuk mengembangkan karirnya di masa depan.

TOKOH
Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Kamis, 22 Februari 2024 | 15:37

Praja Muda Karana atau Pramuka merupakan gerakan kepanduan paling populer yang dicetuskan oleh Baden Powell.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill