Connect With Us

Pria Ini Kepergok Pakai Uang Palsu Bermain Wahana di Pasar Malam Tangerang, Punya Stok Rp10 Juta

Fahrul Dwi Putra | Senin, 22 Mei 2023 | 12:27

Ilustrasi Uang Palsu (Istimewa / TangerangNews)

TANGERANGNEWS.com- Seorang pria berinisial BRG, 26, tertangkap basah menggunakan uang palsu saat sedang memainkan wahana lempar gelang di pasar malam kawasan Cipondoh.

Kapolres Metro Tangerang Kota Kombes Pol Zain Dwi Nugroho mengatakan, pelaku berhasil diamankan pihak kepolisian sekira pukul 21.00 WIB, pada Sabtu, 20 Mei 2023.

"Pelaku sebelumnya diamankan warga dan pedagang yang menyadari uang yang dibayarkan pelaku dalam pecahan seratus ribu rupiah adalah palsu," kata Zain dalam keterangannya dikutip dari detik.com pada Senin, 22 Mei 2023.

Kombes Zain menjelaskan, awalnya korban yang menyadari telah menerima uang palsu kemudian bersama warga melapor ke Polsek Cipondoh. Lalu, laporan diteruskan kepada polisi yang sedang berpatroli untuk segera mendatangi lokasi pelaku.

Saat digeledah, ditemukan uang palsu senilai Rp1,4 juta dari saku pelaku. Selain itu hasil interogasi pelaku juga terungkap masih ada beberapa uang palsu yang tersimpan di kontrakannya.

Lebih lanjut, pihak kepolisian yang meluncur ke kontrakan pelaku mengamankan sejumlah uang palsu senilai Rp 8.900.000 dari dalam lemari pakaian dan boks uang.

"Jadi, total uang palsu yang diamankan dari pelaku sejumlah Rp 10.300.000,- dalam pecahan seratus ribu rupiah," ungkap Zain.

Menurut pernyataan pelaku, uang palsu tersebut didapatkannya dari pemesanan secara online yang ia ketahui lewat media sosial. Meski begitu, pelaku mengaku belum pernah bertemu secara langsung dengan pengedar uang palsu itu.

Adapun skema transaksinya, setiap pembelian senilai Rp10 juta uang palsu dihargai sebesar Rp3,5 juta. Pelaku menyebut hanya dua kali melakukan transaksi dengan pengedar uang palsu tersebut.

Atas tindakannya, pelaku dikenai Pasal 245 KUHP dan Pasal 36 Undang-Undang No 7 tahun 2011 tentang mata uang dengan ancaman hukuman 15 tahun penjara.

MANCANEGARA
Sukses Siapkan SPKLU di Jalur Mudik Lebaran 2024. PLN Banjir Apresiasi

Sukses Siapkan SPKLU di Jalur Mudik Lebaran 2024. PLN Banjir Apresiasi

Senin, 22 April 2024 | 10:02

Kehadiran 1.299 unit Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) PT PLN (Persero) selama masa mudik dan balik Idul Fitri 1445 Hijriah dinilai sangat membantu para pemudik, khususnya pengguna kendaraan listrik.

HIBURAN
Sedih Kembali Bekerja Usai Libur Panjang, Simak 5 Cara Mengatasi Post Holiday Blues

Sedih Kembali Bekerja Usai Libur Panjang, Simak 5 Cara Mengatasi Post Holiday Blues

Rabu, 17 April 2024 | 10:25

Setelah menikmati liburan Lebaran yang menyenangkan, banyak pekerja mengalami apa yang disebut sebagai post holiday blues, yakni perasaan sedih dan kehilangan ketika kembali ke rutinitas kerja.

BANDARA
Imbas Erupsi Gunung, AirNav Perpanjang Penutupan Bandara Sam Ratulangi Manado 

Imbas Erupsi Gunung, AirNav Perpanjang Penutupan Bandara Sam Ratulangi Manado 

Kamis, 18 April 2024 | 15:03

Gunung Ruang di Sulawesi Utara mengalami erupsi dengan ketinggian letusan mencapai 3725 meter di atas permukaan laut pada Rabu, 17 April 2024.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill