Connect With Us

Benarkah Sering Lari Dapat Merusak Lutut?

Fahrul Dwi Putra | Jumat, 18 Agustus 2023 | 15:26

Ilustrasi lari sehat (@TangerangNews / Istimewa )

TANGERANGNEWS.com- Fenomena lari akhir-akhir ini menjadi jawaban sebagian orang sebagai salah satu cara hidup lebih sehat. 

Lari merupakan salah satu kegiatan olahraga yang paling mudah dilakukan. Anda hanya perlu mempersiapkan tubuh Anda sebelum berlari, pakaian dan sepatu yang nyaman untuk berlari.

Memiliki banyak manfaat untuk kesehatan Anda, kegiatan ini dapat melatih kekuatan tulang dan otot kaki, berlari juga akan melatih jantung dan pernapasan agar bisa menghasilkan oksigen pada tubuh lebih banyak.

Namun meski begitu, banyak orang yang takut untuk sering berlari karena stigma olahraga ini dapat merusak lutut. Berlari merupakan kegiatan yang membutuhkan banyak pergerakan dari seluruh tubuh, terutama di bagian kaki, sehingga tak heran jika banyak orang beranggapan bahwa berlari bisa merusak lutut jika terlalu sering dilakukan. Namun apakah hal ini benar?

Benarkah Sering Lari Dapat Merusak Lutut?

Berlari memang kegiatan olahraga yang cukup sederhana untuk dilakukan, namun ini tidak menutup kemungkinan Anda untuk bisa terkena cedera. 

Berlari merupakan kegiatan yang menggunakan hampir seluruh tubuh Anda, sehingga risiko untuk bisa mengalami masalah seperti cedera pasti akan tetap selalu ada.

Konsultan Panggul dan Lutut Eka Hospital BSD dr. Ricky Edwin P. Hutapea, Sp.OT (K) menjelaskan, kegiatan berlari sendiri sebenarnya tidak merusak lutut bila dilakukan dengan teknik dan porsi yang sesuai untuk masing-masing individu. Namun kurangnya pemanasan, pemilihan sepatu tidak sesuai, gerakan berlari yang kurang tepat serta intensitas yg melebihi porsi ideal dapat meningkatkan risiko Anda untuk mengalami cedera lutut pada saat berlari.

Menurut dokter Ricky, kurangnya istirahat dan jadwal berlari yang terlalu ketat juga dapat meningkatkan risiko cedera, terutama jika otot dan sendi lutut Anda belum terbiasa dengan intensitas gerakan yang terlalu berat.

Cedera Lutut Umum yang Harus Diwaspadai

Ada banyak cedera jenis cedera lutut yang bisa saja menyerang Anda. Kondisi ini bisa disebabkan oleh banyak faktor, yaitu:

1. Runner’s knee

Runner’s knee merupakan cedera yang terjadi akibat patella (tempurung lutut) keluar dan menjadi tidak sejajar setelah berlari, menyebabkan tulang rawan di bawahnya menjadi teriritasi. Cedera ini bisa terjadi akibat gerakan berulang-ulang atau bisa karena posisi berlari yang kurang tepat.

2. Peradangan jaringan

Peradangan jaringan merupakan radang yang terjadi pada jaringan lutut baik di tulang, sendi, ligamen, dan tulang rawan lutut. Ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan Anda untuk bisa terkena peradangan, seperti usia lanjut, obesitas, hingga terlalu sering melakukan aktivitas berat.

3. Iliotibial Band Syndrome (ITBS)

Iliotibial Band Syndrome atau ITBS merupakan cedera yang terjadi akibat penggunaan jaringan ikat paha bagian luar dan lutut yang disebut jaringan ikat iliotibial, secara berlebihan. Kondisi ini dapat menyebabkan lutut bagian luar terasa nyeri seperti rasa terbakar.

4. Patellar Tendonitis

Patellar tendonitis atau yang dikenal sebagai jumper’s knee merupakan cedera pada tendon yang menghubungkan tempurung lutut (Patella) ke tulang kering Anda. Cedera ini biasanya terjadi pada orang yang sering melakukan olahraga yang mengharuskan mereka sering melompat seperti basket, namun tidak menutup bahwa cedera ini juga bisa terjadi pada saat lari.

Cedera dari lari biasanya dapat ditangani dengan metode RICE (Rest, Ice, Compression, Elevation), yaitu mengistirahatkan kaki selama beberapa waktu dan melakukan perawatan rumah yaitu mengompres lutut dengan benda dingin dan meminum obat pereda nyeri. Namun jika gejala yang timbul sudah terlalu parah atau tak kunjung hilang setelah ditangani, segera periksakan diri Anda dengan dokter.

Tips Mengurangi Risiko Cedera Lutut saat Berlari

Anda tidak perlu khawatir! Karena jika dipersiapkan dengan benar, berlari bisa Anda lakukan tanpa harus mengkhawatirkan akan risiko cedera. Ada beberapa hal yang patut Anda perhatikan sebelum me

• Lakukan pemanasan sebelum berlari

• Gunakan sepatu khusus untuk berlari

• Pilih jalur berlari yang aman (rata dan dilengkapi pencerahan yang cukup)

• Mulai dengan perlahan, hindari langsung berlari kencang

• Jangan terlalu memaksakan diri, segera istirahat jika merasa lelah

Membiasakan diri untuk bisa berlari dengan benar akan membutuhkan waktu, oleh karena bersabarlah pada progres yang Anda jalankan dan percayakan pada latihan yang sudah Anda lakukan. Berlari secara rutin memiliki banyak manfaat untuk menjaga tubuh Anda tetap sehat dan bugar, jangan biarkan itu semua terbuang sia-sia.

Eka Hospital memiliki pusat ortopedi dan tulang belakang yang bernama Gatam Institute. Pusat unggulan tersebut dapat mengatasi masalah pada tulang dan cedera olahraga. Gatam Institute juga dipenuhi dengan barisan dokter spesialis orthopedi & traumatologi, dan spesialis kedokteran olahraga, salah satunya yaitu dr. Ricky E.P. Hutapea, Sp.OT (K) yang berspesialisasi di perawatan hip and knee atau panggul dan lutut, termasuk perawatan sendi lutut.

Apabila ingin membuat jadwal konsultasi bersama dengan dokter spesialis kami di Gatam Institute, Anda bisa menghubungi layanan WhatsApp Eka Hospital 0-8888-90-5555 atau buat janji konsultasi dengan dokter via booking dokter di website Eka Hospital.

 

 

AYO! TANGERANG CERDAS
Buruan Daftar, Lulusan Institut Teknologi PLN Berkesempatan Langsung Kerja di Perusahaan

Buruan Daftar, Lulusan Institut Teknologi PLN Berkesempatan Langsung Kerja di Perusahaan

Jumat, 26 April 2024 | 10:48

Institut Teknologi PLN (ITPLN) menjadi salah satu perguruan tinggi incaran banyak mahasiswa untuk mengembangkan karirnya di masa depan.

WISATA
Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Jumat, 12 April 2024 | 06:54

Selama libur Lebaran 2024, Kota Tangerang memiliki berbagai tempat yang masih dapat dikunjungi.

KAB. TANGERANG
Usai Lebaran, 1.274 Pendatang Masuk ke Kabupaten Tangerang

Usai Lebaran, 1.274 Pendatang Masuk ke Kabupaten Tangerang

Jumat, 26 April 2024 | 22:48

Usai Lebaran 2024. sebanyak 1.274 jiwa penduduk baru tercatat datang ke wilayah Kabupaten Tangerang.

MANCANEGARA
Wow, Di Negara Ini Memeluk Kucing 4 Jam Sehari Bisa Dibayar Rp162 Juta

Wow, Di Negara Ini Memeluk Kucing 4 Jam Sehari Bisa Dibayar Rp162 Juta

Rabu, 24 April 2024 | 10:33

Perusahaan makanan hewan asal Kanada, ACANA bekerja sama dengan organisasi kesejahteraan hewan Best Friends Animal Society membuka lowongan pekerjaan sebagai kitten cuddler.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill