Connect With Us

Disdukcapil Kota Tangerang Mampu Antisipasi Kelangkaan Blanko KTP-el

Advertorial | Minggu, 26 Juni 2016 | 16:00

Suasana Disdukcapil Kota Tangerang (TangerangNews / TangerangNews)

 

TANGERANGNews.com-Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tangerang melakukan berbagai upaya untuk mengantisipasi kelangkaan persediaan blangko KTP Elektronik (KTP-el). Hal ini agar pelayanan administrasi kependudukan kepada masyarakat tetap berjalan.

 

Kepala Disdukcapil Kota Tangerang Erlan Rusnarlan mengatakan, stok blangko KTP-el telah habis sejak Kamis (23/6/2016). Sedangkan masyarakat terus datang untuk melakukan perekaman KTP-el setiap harinya. Karena itu, pihaknya segera melakukan langkah-langkah antisipasi agar pelayanan tak terhenti.

 

“Diantaranya dengan mengeluarkan surat keterangan sementara sebagai bukti bahwa maysrakat telah melakukan perekaman. Selain itu juga bisa menggunakan biodata kependudukan sebagai pengganti KTP-el,” katanya, Minggu (26/6/2016).

KTP El

 

Menurut Erlan, kedua surat itu berlaku digunakan untuk keperluan apapun yang membutuhkan adminsitrasi kependudukan, seperti pembuatan asuransi Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan atau perbankan.

“Apalagi sekarang sedang ada penerimaan siswa baru, sehingga masyarakat butuh kelengkapan identitas kependudukan. Surat itu sah dan bisa digunakan,” jelasnya.

 

Erlan menambahakan, langkah ini merupakan upaya antisipasi permohoman perekaman KTP-el yang setiap harinya mencapai 600-800 orang. Langkah ini sudah yang dilakukan Disdukcapil pada tahun 2015 lalu dimana terjadi kelangkaan blangko dari pemerintah pusat.

“Blanko yang dijatah oleh pemerintah pusat untuk Kota Tangerang tahun ini hanya 4.000, dari permintaan yang diajukan sekitar 50.000 blangko,” katanya.

 

Selain menerbitkan dua surat sementara, Disdukcapil juga akan menempelkan informasi terkait kelangkaan blangko ke 13 kantor kecamatan dan 104 kelurahan sebagai upaya gara masyarakat bisa mengantisipasinya.

 

“Untuk institusi juga diperbolehkan juga untuk melakukan kerja sama dengan kita. Terutama untuk kemudahan hak ases data kependudukan, berdasarkan Undang- undang dan PP. Sebelumnya kita sudah koordinasi dengan Dinas Komunikasi dan Informasi untuk pemanfaatan NIK KTP el,” jelas Erlan.

 

Dengan kelangkaan blangko ini, Erlan juga menghimbau kepada masyarakat agar segera mengurus aministrasi kependudukannya sesegera mungkin. Jangan menunggu disaat membutuhkan.

“Misalnya mau buat BPJS kesehatan, jangan tunggu sakit, tapi urus dari sekarang. Jangan sampai terkendala karena masalah administrasi kependudukan,” pungkasnya. (ADS)

 

MANCANEGARA
Wow, Di Negara Ini Memeluk Kucing 4 Jam Sehari Bisa Dibayar Rp162 Juta

Wow, Di Negara Ini Memeluk Kucing 4 Jam Sehari Bisa Dibayar Rp162 Juta

Rabu, 24 April 2024 | 10:33

Perusahaan makanan hewan asal Kanada, ACANA bekerja sama dengan organisasi kesejahteraan hewan Best Friends Animal Society membuka lowongan pekerjaan sebagai kitten cuddler.

AYO! TANGERANG CERDAS
Buruan Daftar, Lulusan Institut Teknologi PLN Berkesempatan Langsung Kerja di Perusahaan

Buruan Daftar, Lulusan Institut Teknologi PLN Berkesempatan Langsung Kerja di Perusahaan

Jumat, 26 April 2024 | 10:48

Institut Teknologi PLN (ITPLN) menjadi salah satu perguruan tinggi incaran banyak mahasiswa untuk mengembangkan karirnya di masa depan.

WISATA
Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Jumat, 12 April 2024 | 06:54

Selama libur Lebaran 2024, Kota Tangerang memiliki berbagai tempat yang masih dapat dikunjungi.

NASIONAL
Awas Penipuan, Ini Ciri-ciri Petugas Resmi PLN

Awas Penipuan, Ini Ciri-ciri Petugas Resmi PLN

Kamis, 25 April 2024 | 18:19

Tindak kejahatan dengan modus penipuan kian marak terjadi, salah satunya ialah mengaku sebagai petugas PLN.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill