Connect With Us

Kapasitas dan Kapabilitas Caleg Perempuan di Kota Tangerang Belum Terlihat

Rangga Agung Zuliansyah | Sabtu, 9 Desember 2023 | 04:26

Korry El Yana, Dosen Ilmu Komunikasi UMT (kiri) bersama Ketua KPU Kota Tangerang Ahmad Syailendra (tengah) saat acara Sosialisasi Kepemiluan "Peran Perempuan Terhadap Politik Untuk Mensukseskan Pemilu Tahun 2024", Kamis 7 Desember 2023. (@TangerangNews / Rangga Agung Zuliansyah)

TANGERANGEWS.com-Keterwakilan perempuan dalam Pemilihan Legislatif (Pileg) 2024 disoroti akademisi di Kota Tangerang. Sebab, sejauh ini dinilai belum ada sosok yang menunjukkan kapasitas dan kapabilitasnya.

Korry El Yana, Dosen Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Tangerang (UMT) mengatakan berdasarkan data dari KPU Kota Tangerang hingga akhir masa pendaftaran Minggu 14 Mei 2023 lalu, ada 282 orang perempuan dan 482 orang laki-laki yang mendaftar sebagai calon legislatif (caleg).

"Kalau secara prosedural kuota perempuan sudah terwakili," ujarnya dalam Sosialisasi Kepemiluan "Peran Perempuan Terhadap Politik Untuk Mensukseskan Pemilu Tahun 2024" yang diadakan KPU Kota Tangerang, Kamis, 7 Desember 2023.

Akan tetapi menurut Korry yang menjadi PR bersama ialah kapasitas dan kapabilitasnya yang masih belum terlihat secara signifikan, apakah caleg ini bisa menjadi wadah aspirasi perempuan.

"Pasalnya yang mengusung mengenai isu-isu kesetaraan gender dan perlindungan perempuan belum banyak walaupun sudah ada," jelasnya.

Sementara jika melihat peran para anggota DPRD Kota Tangerang perempuan selama periode 2019-2024, sejauh ini masih belum maksimal. Terutama perannya dalam menekan kasus kekerasan perempuan dan anak.

Berdasarkan data Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) Kota Tangerang sejak Januari hingga Oktober 2022, masih terdapat 145 kasus kekerasan perempuan dan anak.

"Jadi, berdasarkan angka tersebut peran perempuan di DPRD Kota Tangerang sejauh ini belum maksimal," ungkap Korry.

Oleh karena itu dirasa penting bagi caleg-caleg perempuan yang akan memangku jabatan selama 5 tahun ke depan, untuk lebih memperhatikan aspirasi terhadap perlindungan perempuan, dengan lebih mengutamakan peraturan dan perundang-undangan.

"Sangat penting menempatkan perempuan di tempat-tempat strategis, untuk membuat kebijakan terkait perlindungan dan hak-hak perempuan yang masih sering terdiskriminasi. Karena makin tingginya angka kekerasan terhadap perempuan dari tahun ke tahun. Untuk itu sesama perempuan kita musti support perempuan," ucap Korry.

 

MANCANEGARA
Wow, Di Negara Ini Memeluk Kucing 4 Jam Sehari Bisa Dibayar Rp162 Juta

Wow, Di Negara Ini Memeluk Kucing 4 Jam Sehari Bisa Dibayar Rp162 Juta

Rabu, 24 April 2024 | 10:33

Perusahaan makanan hewan asal Kanada, ACANA bekerja sama dengan organisasi kesejahteraan hewan Best Friends Animal Society membuka lowongan pekerjaan sebagai kitten cuddler.

NASIONAL
Awas Penipuan, Ini Ciri-ciri Petugas Resmi PLN

Awas Penipuan, Ini Ciri-ciri Petugas Resmi PLN

Kamis, 25 April 2024 | 18:19

Tindak kejahatan dengan modus penipuan kian marak terjadi, salah satunya ialah mengaku sebagai petugas PLN.

OPINI
Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Senin, 15 April 2024 | 12:24

Jagat dunia maya tengah dihebohkan oleh kasus korupsi super besar yang terjadi baru-baru ini, yakni korupsi yang melibatkan suami dari aktris Sandra Dewi, Harvey Moeis, serta Helena Lim sosok yang terkenal sebagai crazy rich Pantai Indah Kapuk (PIK).

TOKOH
Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Kamis, 22 Februari 2024 | 15:37

Praja Muda Karana atau Pramuka merupakan gerakan kepanduan paling populer yang dicetuskan oleh Baden Powell.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill