Connect With Us

10 Tips Aman Dan Efektif Dalam Melakukan Senam Lansia

Fahrul Dwi Putra | Kamis, 28 Maret 2024 | 11:25

Para lansia di Kelurahan Tanah Tinggi, Kecamatan Tangerang, Kota Tangerang mengikuti lomba senam kreasi lansia, di Halaman Masjid Al Muhajirin, Kamis, 17 Agustus 2023. (@TangerangNews / Istimewa )

TANGERANGNEWS.com- Senam merupakan bagian penting dari gaya hidup sehat bagi lansia. Manfaat senam terbukti dapat mempertahankan daya tahan tubuh, meningkatkan kekuatan, memperlambat demensia, serta mengurangi risiko terserang berbagai penyakit kronis, seperti obesitas, diabetes, penyakit jantung, dan stroke.

Namun, penting untuk melakukan senam lansia   dengan benar agar memberikan manfaat yang optimal dan menghindari risiko cedera.

Berikut adalah beberapa tips aman dan efektif dalam melakukan senam lansia.

1. Konsultasi dengan Dokter

Sebelum memulai program senam, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter Anda. Dokter akan memberikan evaluasi medis dan saran yang sesuai dengan kondisi kesehatan Anda. Ini penting terutama jika Anda memiliki masalah kesehatan tertentu seperti tekanan darah tinggi, arthritis, atau masalah jantung

2. Pilih Jenis Senam yang Sesuai

Memilih jenis senam sesuai dengan kondisi fisik dan kesehatan merupakan hal yang paling penting. Jika Anda mengalami masalah sendi, disarankan untuk memilih senam yang tidak memberikan beban berlebih pada sendi, seperti senam aerobik ringan atau senam keseimbangan. Dengan demikian, Anda dapat menghindari potensi cedera dan tetap mendapatkan manfaat kesehatan dari aktivitas senam secara optimal.

3. Mulailah dengan Pemanasan

Mulailah setiap sesi senam dengan melakukan pemanasan terlebih dahulu sebelum memasuki latihan utama. Pemanasan sangat penting karena membantu mempersiapkan otot-otot Anda untuk aktivitas fisik yang lebih intens, sekaligus mengurangi risiko cedera.

Anda dapat melakukan pemanasan selama 5 hingga 10 menit dengan gerakan peregangan yang melibatkan berbagai kelompok otot serta latihan pernapasan ringan. Ini akan membantu meningkatkan sirkulasi darah, memperbaiki fleksibilitas otot, dan membuat tubuh lebih siap untuk melakukan latihan senam dengan efektif dan aman.

4. Lakukan Gerakan dengan Perlahan dan Kontrol

Saat melakukan gerakan senam, sangat penting untuk melakukannya dengan perlahan dan penuh kontrol. Hindari gerakan yang terlalu keras atau tiba-tiba, karena hal ini dapat meningkatkan risiko cedera pada tubuh.

Sebaliknya, fokuslah pada teknik yang benar dan rasakan setiap gerakan yang dilakukan. Otot akan bekerja secara efektif tanpa menimbulkan tekanan jika dilakukan secara perlahan. Jaga kestabilan tubuh Anda selama melakukan gerakan dan jangan ragu untuk mengurangi intensitas untuk menjaga kenyamanan selama sesi senam.

5. Gunakan Pakaian Nyaman dan Sesuai

Pakaian yang longgar namun tidak terlalu besar akan mempermudah gerakan senam. Hindari menggunakan pakaian yang terlalu ketat karena dapat membatasi gerakan dan membuat Anda merasa tidak nyaman selama berlatih.

Selain itu, pastikan juga untuk menggunakan sepatu yang sesuai dengan jenis senam. Jika senam yang Anda pilih melibatkan gerakan lompatan atau pergerakan cepat, sepatu yang memiliki sol nyaman akan sangat membantu mencegah cedera pada kaki dan sendi. Perhatikan juga bahwa keamanan dan kestabilan sepatu yang dipakai.

6. Tetap Terhidrasi

Menjaga tubuh terhidrasi dengan baik memiliki dampak yang signifikan terutama pada kesehatan jantung dan keseimbangan suhu tubuh saat beraktivitas fisik. Minum air secukupnya sebelum, selama, dan setelah melakukan senam adalah kebiasaan yang sangat dianjurkan untuk mendapatkan cairan yang cukup.

Saat Anda berlatih senam, tubuh akan mengeluarkan banyak keringat sebagai respons terhadap aktivitas fisik. Kehilangan cairan ini dapat mengakibatkan dehidrasi, yang bisa memengaruhi kinerja fisik dan kesehatan secara keseluruhan.

Kondisi dehidrasi dapat menyebabkan penurunan energi, kelelahan, bahkan meningkatkan risiko cedera. Oleh karena itu, minum air secara teratur saat berlatih senam sangat penting untuk menjaga keseimbangan cairan tubuh.

7. Dengarkan Tubuh Anda

Mendengarkan tubuh saat melakukan senam adalah kunci utama untuk menjaga keselamatan lansia. Tubuh memberikan sinyal yang penting, seperti rasa lelah, ketidaknyamanan, atau bahkan rasa sakit, yang perlu direspons dengan istirahat.

Merespons sinyal-sinyal ini secara tepat membantu mencegah cedera, kelelahan berlebihan, dan memastikan bahwa latihan dilakukan dengan aman serta memberikan manfaat yang optimal bagi kesehatan dan kebugaran jantung lansia.

8. Lakukan Pendinginan

Lakukan pendinginan setelah menyelesaikan latihan utama untuk memastikan tubuh kembali ke kondisi normal secara perlahan. Pendinginan membantu menurunkan denyut jantung yang meningkat selama latihan, mengembalikan suhu tubuh ke tingkat normal, dan mengurangi risiko cedera atau kelelahan berlebihan.

Gerakan peregangan ringan yang melibatkan berbagai bagian tubuh dan latihan pernapasan dalam selama 5-10 menit dapat membantu mengurangi ketegangan otot dan meningkatkan fleksibilitas, sehingga membuat Anda merasa lebih santai dan nyaman setelah melakukan aktivitas fisik.

9. Konsistensi dan Perhatikan Perkembangan

Penting untuk menjadwalkan waktu yang tetap untuk senam dan mengikuti jadwal tersebut secara teratur. Dengan konsistensi, tubuh akan secara bertahap beradaptasi dengan latihan dan meningkatkan kebugaran serta kesehatan secara keseluruhan.

Selain itu, perhatikan juga perkembangan kondisi kesehatan dan kebugaran Anda setelah beberapa waktu melakukan senam secara rutin. Catat perubahan-perubahan yang terjadi, seperti peningkatan energi, penurunan berat badan, atau peningkatan kekuatan.

10. Periksa Kesehatan secara Berkala

Terakhir, jangan lupa untuk memeriksa kesehatan secara berkala dengan dokter Anda. Di KlikDokter, Anda dapat memanfaatkan fitur chat dengan dokter, membuat janji, dan booking berbagai layanan medis dan lab  dengan mudah. KlikDokter juga menyediakan informasi kesehatan terpercaya yang dapat membantu Anda dalam menjaga kesehatan secara menyeluruh.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, Anda dapat melakukan senam lansia dengan aman dan efektif untuk menjaga kesehatan jantung, kekuatan otot, keseimbangan, dan kesehatan secara keseluruhan.

 

BANTEN
Pengamat Sebut Keputusan Demokrat Usung Andra-Dimyati di Pilkada Banten Aneh

Pengamat Sebut Keputusan Demokrat Usung Andra-Dimyati di Pilkada Banten Aneh

Sabtu, 20 Juli 2024 | 16:31

Pengamat Media Komunikasi UIN Jakarta Deden Mauli Darajat menilai keputusan DPP Partai Demokrat yang memberikan rekomendasi kepada pasangan Andra Soni-Dimyati Natakusumah untuk maju dalam Pilkada Banten 2024 dirasakan aneh.

HIBURAN
Mau Jadi Komika? Yuk Ikut Kelas Stand Up Comedy Gratis di Kota Tangerang

Mau Jadi Komika? Yuk Ikut Kelas Stand Up Comedy Gratis di Kota Tangerang

Rabu, 17 Juli 2024 | 12:53

Bagi warga Kota Tangerang yang ingin menjadi komika, kini dapat mengikuti kelas Stand Up Comedy secara gratis.

TEKNO
Bahaya, Segera Hapus Jejak Digital di Internet dengan Cara Ini

Bahaya, Segera Hapus Jejak Digital di Internet dengan Cara Ini

Kamis, 18 Juli 2024 | 18:45

Segala aktivitas di dunia maya meninggalkan jejak digital yang berisi informasi tentang aktivitas penggunanya.

TANGSEL
Main di Pinggir Rel Serpong Tangsel, Bocah 9 Tahun Tewas Terserempet Kereta

Main di Pinggir Rel Serpong Tangsel, Bocah 9 Tahun Tewas Terserempet Kereta

Minggu, 21 Juli 2024 | 19:08

Seorang bocah berinisial FA, 9, tewas terserempet badan kereta commuter line (KRL) saat bermain di pinggir rel di Jalan Salem, Kecamatan Serpong, Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Sabtu 20 Juli 2024.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill